Minggu, 12/05/2024 11:21 WIB

Desa di Malinau Diharapkan Menjadi Desa Mandiri

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kementerian Desa (Kemendes) PDTT, Etty Diana menghadiri pembukaan Bulan Bakti RT Bersih tahun 2018 di Desa Wisata Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang, Kabupaten Malinau pada Sabtu (14/7).

Foto: Istimewa

Malinau – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo yang diwakili oleh Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kementerian Desa (Kemendes) PDTT, Etty Diana menghadiri pembukaan Bulan Bakti RT Bersih tahun 2018 di Desa Wisata Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang, Kabupaten Malinau pada Sabtu (14/7).

“Siang yang berbahagia ini saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf karena ada kendala sesuatu untuk dapat sampai ke Malinau ini. Namun, puji Tuhan, puji syukur kita dapat berkumpul pada hari ini di tempat yang berbahagia ini di dalam acara pembukaan Bulan Bakti RT Bersih tahun 2018,” ujar Etty Diana di hadapan Bupati Malinau Yansen TP dan para Kepala Desa serta Ketua RT.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan permohonan maaf karena Menteri dan Direktur Jenderal Pembangun dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT yang berhalangan hadir. Sebagai wakil dari Kemendes PDTT, Etty Diana mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau dengan program-program unggulannya. Ia berharap program unggulan Pemkab Malinau sinergi dengan program unggulan Kemendes PDTT.

Terkait program RT Bersih, ia berpesan kepada seluruh masyarakat di RT dan desa untuk meningkatkan semangat membangun desa dan RT masing-masing melalui program RT Bersih agar terwujud kesejahteraan bagi masyarakat Malinau. “Dengan singkat kata, mudah-mudahan Bulan Bakti RT Bersih 2018 ini bukan hanya slogan bersih, tetapi bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga tidak ada lagi masyarakat di sini yang miskin,” harapnya.

Dikatakannya, sejak adanya program Dana Desa dari pemerintah pusat pihaknya telah mengindentifikasi desa-desa di Malinau. Pihaknya berharap desa-desa di Malinau yang saat ini berstatus sebagai desa berkembang bisa menjadi desa mandiri.

“Kami mengidentifikasi juga Pak Bupati, bahwa Desa Wisata Pulau Sapi ini mulai dari tahun 2015 semenjak ada Dana Desa, statusnya desa berkembang, mudah-mudahan sekarang sudah menjadi desa mandiri. Dengan demikian 109 desa di Kabupaten Malinau sudah berkembang dan bahkan sudah menjadi mandiri,” ungkapnya.

KEYWORD :

Info Kemendes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :