Minggu, 28/04/2024 07:54 WIB

Menteri Desa Saksikan Launching SAAB di Desa Panggungharjo

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menyaksikan launching Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB) yang telah diuji coba dan digunakan oleh Bumdes Panggung Lestari Desa Panggungharjo Sewon Bantul pada Jumat (22/6) malam

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo

Yogyakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menyaksikan launching Sistem Aplikasi Akuntansi Bumdes (SAAB) yang telah diuji coba dan digunakan oleh Bumdes Panggung Lestari Desa Panggungharjo Sewon Bantul pada Jumat (22/6) malam.

Dalam arahannya, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo memberikan apresiasi terhadap prestasi dan inovasi yang dilakukan oleh Desa Panggungharjo.

“Panggungharjo terus menorehkan prestasi dan inovasi. Tempat ini (Kampoeng Mataraman -red) dulunya digunakan sebagai tempat acara Rembug Desa Nasional tahun 2017. Di banyak tempat, pasca acara lokasinya juga ikut bubar. Tetapi di sini dapat diolah sedemikian rupa sehingga dapat bermanfaat,” katanya.

Eko mendapat laporan bahwa berkat semangat warga desa yang turut berpartisipasi dalam meraih prestasi dan inovasi tersebut, ternyata Kampoeng Mataraman telah menghasilkan pendapatan sebesar Rp 1 miliar.

“Saya dilapori, belum satu semester, Kampoeng Mataraman telah menghasilkan pendapatan 1,4 Milyar. Untuk itu saya telah instruksikan Pak Dirjen untuk memberikan bantuan Rp 1 milyar, supaya tempat ini bisa jadi showcase (percontohan) untuk ribuan desa yang lain”. katanya.

Sementara itu, Kepala desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi menyampaikan Aplikasi yang telah dilaunching ini memungkinkan warga untuk dapat memantau kinerja unit-unit usaha secara real time, karena aplikasi ini berbasis online.

“Semoga aplikasi yang telah kami gunakan ini, nantinya dapat diaplikasikan oleh BUMDes-BUMDes di seluruh Indonesia. Ini semoga jadi bentuk kontribusi langsung BUMDes Panggung Lestari Panggungharjo untuk Indonesia,” katanya.

Dalam kunjungan kerja ini, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo menyempatkan untuk turut menyaksikan Nonton Bareng piala dunia bersama warga desa Panggungharho yang mempertandingkan antara kesebelasan Islandia melawan Nigeria.

KEYWORD :

Info Kemendes Eko Putro Sandjojo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :