Minggu, 28/04/2024 02:30 WIB

Fakta Unik Usai Kroasia Singkirkan Tuan Rumah

Pertandingan yang berlangsung di Sochi, Minggu dini hari, Kroasia mengalahkan tuan rumah 4-3 melalui adu penalti

Timnas Kroasia

Jakarta - Kroasia berhasil memastikan satu tiket semifinal Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Rusia lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 2-2.

Pertandingan yang berlangsung di Sochi, Minggu dini hari, Kroasia mengalahkan tuan rumah 4-3 melalui adu penalti, yang membuat Modric CS akan berhadapan dengan Inggris di semifinal.

Adalah Danijel Subasic menyelamatkan penalti pertama Rusia dari Fedor Smolov dan, setelah Mario Fernandes dari Rusia dan Mateo Kovacic dari Kroasia gagal mengkonversi, pemain Barcelona Ivan Rakitic meraih kemenangan.

Hasil tersebut adalah kemenangan adu penalti kedua untuk Kroasia, yang mencapai final untuk kali kedua mereka seperti tahun 1998 silam.

Dan itu adalah ketiga kalinya beruntung bagi Kroasia melawan negara tuan rumah Piala Dunia - setelah kalah dari Prancis di semifinal 1998 dan Brasil pada pembuka turnamen 2014 - di depan 44.287 di Stadion Fisht Sochi.

Skor itu dikunci pada 2-2 setelah perpanjangan waktu, setelah Denis Cheryshev mencetak gol di menit ke-31 dan Mario Fernandes yang lahir di Brasil di menit 115, dan gol Kroasia datang dari Andrej Kramaric di menit ke-39 dan Domagoj Vida di Divisi 101 .

Rusia tidak berhasil meniru tim Uni Soviet 1966, yang mencapai semifinal. Tetapi tim Stanislav Cherchesov, peringkat ke-70 di dunia, melampaui semua harapan, tidak hanya dengan bertahan hidup grup tetapi dengan mengalahkan juara 2010 Spanyol melalui adu penalti di babak 16 besar.

Setelah stadion pulih dari kesunyian yang tercengang setelah baku tembak, Tim mendapat tepuk tangan hangat di pintu keluarnya.

Kroasia sekarang akan berharap untuk menjadi lebih baik dari 20 tahun lalu ketika mereka bertemu Inggris pada Rabu di Stadion Luzhniki Moskow untuk tempat di final 15 Juli di arena yang sama. Semifinal lainnya adalah Selasa antara Prancis dan Belgia di St Petersburg.

KEYWORD :

Kroasia Piala Dunia Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :