Senin, 29/04/2024 14:52 WIB

SpaceX Luncurkan Tujuh Satelit ke Luar Angkasa

Roket Falcon 9 diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California pada pukul 12:47 siang.

Detik-detik peluncuran Rocket SpaceX

Jakarta - SpaceX mengirimkan tujuh satelit ke ruang angkasa, pada Selasa (22/05) waktu setempat. Roket Falcon 9 diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California pada pukul 12:47 siang.

Sebelas menit setelah peluncuran, dan tak lama setelah pemisahan tahap pertama dan kedua, roket Falcon 9 merilis satelit GRACE-FO kembar milik NASA.

Setelah beristirahat, panggung atas roket menghidupkan kembali mesinnya dan menyesuaikan orbitnya untuk pelepasan lima satelit komunikasi Iridium Next.

Dua Gravity Recovery dan Eksperimen Climate akan melanjutkan misi-misi GRACE untuk mengukur anomali gravitasi.

Data yang dikumpulkan oleh misi, upaya bersama antara NASA dan Pusat Angkasa Jerman, dapat membantu para ilmuwan mengukur distribusi massa di planet Bumi.

"Satelit GRACE-Follow On merupakan tahap kedua Falcon 9," lapor SpaceFlightNow dilansir UPI.

"Mereka dirancang untuk terpisah dalam arah yang berlawanan, kemudian konfigurasikan diri untuk menghubungi pengendali tanah selama perjalanan melalui stasiun bumi di Antartika dalam beberapa menit."

Setelah rilis, satelit GRACE-FO yang menghadap ruang angkasa mulai mendorong ke orbit yang lebih tinggi dan lebih lambat, sementara satelit yang menghadap ke Bumi mulai tergelincir ke orbit yang lebih rendah dan lebih cepat.

"Untuk beberapa hari pertama setelah peluncuran, satelit yang lebih rendah dan lebih cepat akan bergerak perlahan di depan yang lain sampai dua satelit berjarak sekitar 137 mil - jarak pemisahan optimal untuk operasi sains," kata NASA dalam pembaruan misi.

Begitu satelit yang menghadap ke Bumi telah menempatkan jarak aman antara dirinya dan saudaranya, satelit itu akan mendorong kembali ke orbit yang lebih tinggi, sehingga yang satu mengikuti yang lain pada lintasan yang sama.

KEYWORD :

SpaceX Satelit Luar Angkasa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :