Selasa, 30/04/2024 00:45 WIB

Kawasan Transmigrasi Berpotensi Sebagai Pusat Agribisnis dan Agroindustri

Kemendes PDTT telah mengarahkan empat program prioritas untuk penggunaan dana desa yakni pengembangan produk unggulan desa.

Sekretaris Jenderal Kemendes Anwar Sanusi (foto: Twitter)

Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Anwar Sanusi meminta kepada masyarakat transmigran yang mayoritas berprofesi sebagai petani agar memanfaatkan penggunaan dana desa semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

"Kita ingin dengan adanya dana desa yang setiap tahun mengalami peningkatan dapat digunakan sebaik-baiknya dalam perbaikan peningkatan ekonomi masyarakat desa. Khususnya di kawasan transmigrasi," kata Anwar Sanusi.

Menurutnya, Kemendes PDTT telah mengarahkan empat program prioritas untuk penggunaan dana desa yakni pengembangan produk unggulan desa, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pembangunan embung dan pembangunan sarana olahraga desa.

"Wilayah-wilayah transmigran ini telah memiliki potensi yang sangat bagus untuk di kembangkan yakni pada sektor pertanian padi yang sangat menjanjikan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan para petani," katanya.

Anwar menambahkan bahwa dengan Melihat potensi yang ada tersebut, sejumlah kawasan transmigrasi berpotensi untuk maju sebagai pusat agribisnis dan agroindustri dengan meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antar kementerian/lembaga terkait, BUMN, swasta, pemerintah daerah, dan masyarakat melalui pengembangan BUMDes.

"Dengan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat, kita berharap angka kemiskinan dan daerah tertinggal akan terus menurun dan masyarakat semakin sejahtera serta perekonomian didesa terus meningkat," katanya.

KEYWORD :

Info Kemendes BUMDes Anwar Sanusi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :