Minggu, 28/04/2024 05:10 WIB

Gorontalo Sukses Kembangkan Prukades

Pengembangan prukades di Gorontalo yakni dengan membuat cluster ekonomi di desa dengan fokus pada komoditas jagung dan kelapa selama 2 tahun terakhir.

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, mewakili Presiden RI meninjau langsung lokasi pengerjaan Padat Karya Tunai di Desa Haya-Haya Kab. Gorontalo, Sabtu (05/05)

Gorontalo - Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menilai pemerintah kabupaten Gorontalo telah berhasil mengembangkan program produk unggulan kawasan pedesaan di wilayahnya.

Keberhasilan itu diakui Mendes PDTT saat melakukan kunjungan ke kabupaten Gorontalo pada Sabtu (5/5). Kunjungan dalam rangka melakukan peninjauan program padat karya tunai yang dilaksanakan di Gorontalo dan mengikuti rapat terbatas dengan bupati Gorontalo dan unsur muspida serta jajaran dilingkungan pemkab Gorontalo.

Mendes mengatakan bahwa pengembangan prukades di Gorontalo yakni dengan membuat cluster ekonomi di desa dengan fokus pada komoditas jagung dan kelapa selama 2 tahun terakhir.

"Dalam 2 tahun ini saja, Gorontalo telah berhasil mendapatkan investasi swasta sebanyak Rp 3,7 triliun. Beberapa waktu lalu ada penandatanganan mou program prukades yang menghasilkan investasi sebesar Rp 47 triliun. salah satunya di kabupaten Gorontalo yang sukses dengan program prukades ini," katanya.

Prukades yakni membuat cluster ekonomi di desa desa. Desa harus fokus dengan salah satu komoditi yang nantinya kemendes dengan didukung oleh 19 kementerian lainnya akan turut bersama sama membantu desa untuk fokus dengan skala besar. Selain kementeriam terkait juga kemendes pdtt akan memfasilitasi pertemuan dengan dunia usaha dan perbankan agar pertumbuhan ekonomi didesa akan semakin meningkat dan pendapatan masyarakatpun akan turut meningkat.

"Disamping memberikan lapangan pekerjaan, masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan sarana pasca panennya. Karena dengan model prukades ini, dunia usaha akan siap berinvestasi di desa dengan membangun industri produksi dari produk unggulan itu," katanya.

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo optimis dengan model prukades yang dikembangkan di desa akan dapat mengurangi desa tertinggal dan mengentaskan kemiskinan serta mengurangi jumlah tingkat pengangguran.

"Kalau model imi kita kembangkan saya yakin pertumbuhan ekonomi di desa akan cepat sekali dan pengentasan desa tertinggal di indonesia serta pengurangan angka kemiskinan akan cepat sekali. Model prukades juga bisa mengurani angka kasus stunting di Indonesia," katanya.

KEYWORD :

Info Kemendes Prukades Eko Putro Sandjojo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :