Minggu, 28/04/2024 12:44 WIB

Mahyudin: Para Koruptor itu Pintar tapi Tak Berintegritas

Lembaga-lembaga pendidikan usia dini seperti TK dan Paud harus dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya terutama pendidikan integritas.

Wakil Ketua MPR, Mahyudin Sosialisasi Empat Pilar MPR di Kalimantan Timur, Selasa (10/4)

Bontang - Fenomena makin banyaknya pejabat publik terutama kepala daerah terkena operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (OTT KPK) karena kasus korupsi semakin membuat khawatir seluruh elemen masyarakat Indonesia. Padahal semua tersangka korupsi tersebut bukan orang sembarangan, mereka berpendidikan tinggi.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Mahyudin mengungkapkan bahwa kebanyakan para pelaku korupsi memiliki pendidikan yang tinggi.  Tentu bukan pendidikannya yang salah tapi para pelaku korupsi tersebut miskin integritas.

"Para pelaku korupsi itu oke-oke, otak pintar hanya integritas yang mereka tidak punya. Maka dari itulah, saya sangat berharap agar soal integritas diajarkan dan ditanamkan sejak usia dini seperti di Taman Kanak-kanak (TK) atau Pendidikan anak usia dini (Paud)," katanya saat memberikan materi Sosialisasi Empat Pilar MPR di Kalimantan Timur, Selasa (10/4). 

Lebih jauh Mahyudin menekankan bahwa lembaga-lembaga pendidikan usia dini seperti TK dan Paud harus dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya terutama pendidikan integritas.Penekanan pendidikan TK dan Paud yang menitikberatkan agar siswa bisa atau mahir membaca dan menulis lebih baik pendidikan ditekankan kepada pengenalan dan pemahaman integritas. Pelajaran membaca dan menulis biar di sekolah dasar saja.

"Integritas yang baik kepada anak, akan memunculkan generasi Indonesia yang berkualitas, berkarakter, bermoral baik serta memiliki nasionalisme tinggi jika ditambah dengan kepintaran ilmu pengetahuan lainnya, diharapkan alan muncul pemimpin-pemimpin yang baik dan tidak akan melakukan korupsi," ujarnya.

Sosialisasi yang juga dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur Mahyunadi serta tokoh masyarakat setempat, Mahyudin menekankan agar hal tersebut diperhatikan dengan serius sebab saat ini perilaku korupsi sudah sangat luarbiasa kuantitasnya, tidak malu-malu dan sangat meluas.

KEYWORD :

Warta MPR Integritas Korupsi Kalimantan Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :