Rabu, 01/05/2024 21:53 WIB

Tekan Angka Kemiskinan, Solusi Berantas Terorisme

Kantong-kantong kemiskinan perlu dikurangi untuk memberantas aksi terorisme. Kemiskinan juga ternyata berdampak pada munculnya terorisme di negeri ini.

Anggota Komisi III DPR RI, Wihadi Wiyanto

Jakarta - Kantong-kantong kemiskinan perlu dikurangi untuk memberantas aksi terorisme. Kemiskinan juga ternyata berdampak pada munculnya terorisme di negeri ini. Selain itu, pengawasan terhadap generasi muda dan akses internet perlu pula dilakukan untuk menekan keikutsertaan kaum muda pada terorisme.

Demikian disampaikan Anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto dalam wawancaranya usai mengikuti rapat Komisi III DPR dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (5/4).

“Bahwa Indonesia ini untuk bisa lepas dari terorisme salah satunya dengan menekan angka kemiskinan. Dengan menekan kemiskinan, bisa mengikis terorisme,” kata Anggota F-Gerindra ini.

Wihadi juga menyerukan agar BNPT mengawasi kaum muda yang begitu mudah terjebak menjadi pengikut ISIS. Para pemuda yang sudah melek informasi itu, kerap mengakses internet tanpa pengawasan orangtuanya. Menurutnya, ada gap generasi dan gap teknologi yang perlu diwaspadai.

Namun, di sisi lain, Wihadi mengapresiasi langkah BNPT dalam mengampanyekan program kontra terorisme yang lebih sejuk. Laporan BNPT kepada Komisi III tentang program yang sudah dilakukan sudah sangat baik.

Menurutnya, BNPT tidak sekadar menindak, tapi ada yang lebih penting, yaitu kampanye pencegahan yang lebih masif. Rehabilitasi para korban terorisme dan dialog dengan aktor teroris hingga menjadi sadar, sudah dilakukan BNPT.

Dengan kampanye yang sejuk dan humanis, diharapkan tidak ada lagi ancaman terorisme di Tanah Air. BNPT pun diingatkan Wihadi agar tidak terlena dengan capaian yang sudah ada. Kampanye kontra terorisme perlu terus dilakukan. Dan yang juga penting adalah dukungan politik DPR untuk menambah anggaran BNPT agar mampu memaksimalkan program-programnya mencegah dan memerangi terorisme.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi IIII DPR Terorisme




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :