Senin, 29/04/2024 18:35 WIB

Cara Tepat Memilih Skin Care Bagi Masalah Kulit Wajah

Agar kesehatan kulit terjaga, dibutuhkan perawatan kulit yang benar.

Talkshow mengenai bagaimana memilih produk perawatan wajah yang tepat berdasarkan jenis kulit.(FOTO : ISTIMEWA)

Jakarta - Sebuah riset yang dilakukan Amway terhadap lebih dari 5.000 responden dengan membandingkan jenis kulit dan usia, ditemukan bahwa kulit usia muda di bawah 25 tahun memiliki problem kulit wajah yang cukup tinggi, antara lain berminyak, berpori besar dan berjerawat yang disebabkan faktor hormonal, stress maupun diet; di samping karena faktor produksi minyak yang berlebih, penuaan dini, sel kulit mati, serta inflamasi.

Menurut peneliti ilmiah dan penasehat dermatologis, Jenny Lee, R&D Research Scientist II, Amway Asia Beauty Innovation Center, ada empat faktor utama kulit yang berkontribusi terhadap timbulnya jerawat, yakni produksi minyak berlebih (dipicu faktor hormonal), sel kulit mati, proliferasi bakteri, inflamasi seperti bintik hitam (hiperpigmentasi), bengkak, gatal atau kemerahan.

Agar kesehatan kulit terjaga, dibutuhkan perawatan kulit yang benar, terutama karena ritual membersihkan wajah lebih dari sekedar mencucinya. Kulit yang terkena kotoran, make up, keringat dan polutan dari lingkungan sekitar harus dibersihkan setiap hari dengan menggunakan pembersih yang lembut.

“Anak muda usia di bawah 25 tahun sebaiknya menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit. Misalkan untuk kulit berminyak, pastikan pada produk tertera ‘non-comedogenic’. Sementara untuk kulit kombinasi akan lebih nyaman menggunakan produk dengan tekstur lotion atau gel. Bagi pemilik kulit sensitif bisa menggunakan produk yang tertera ‘suitable for sensitive skin’ dan ‘allergy-tested’,” ungkap Jenny Lee pada press conference peluncuran Essentials by Artistry di Jakarta, Sabtu (24/3).

Menurut Jenny, kulit berminyak bukan berarti harus menghindari pelembab. Semua jenis kulit membutuhkan air, bahkan jenis kulit berminyak karena fungsi pelembab adalah menyeimbangkan kadar air dan minyak. Tapi sebaiknya gunakanlah pelembab yang bebas minyak dan bertekstur ringan.

“Pelembab yang digunakan sebaiknya juga mengandung antioksidan. Kontributor paling signifikan penuaan kulit adalah proses oksidasi," kata Jenny.

Oksidasi terjadi ketika molekul bermuatan listrik yang disebut radikal bebas menyerang sel sehat, mengganggu struktur dan fungsi vitalnya. Kulit juga bisa rusak akibat oksidasi, mengakibatkan garis-garis halus, kusam dan warna kulit tidak merata. "Anti oksidan melawan radikal bebas, dengan menetralisirnya,” ujarnya.

KEYWORD :

Amway essentials wajah kulit jerawat remaja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :