Minggu, 28/04/2024 02:52 WIB

Kurangi Polusi Udara, Jerman Gratiskan Transportasi Umum

Jerman baru saja menguji coba kebijakan naik transportasi umum gratis, untuk mengurangi penggunaan mobil pribadi.

Ilustrasi transportasi gratis

Jakarta - Cara Jerman mengatasi polusi udara tampaknya bisa ditiru oleh Indonesia. Jerman baru saja menguji coba kebijakan naik transportasi umum gratis, untuk mengurangi penggunaan mobil pribadi.

Tak semua kota di Jerman terkena kebijakan baru ini. Untuk sementara hanya Bonn, Essen, Herrenberg, Ruitlingen, dan Mannheim. Jika berhasil, kota lain yang bermasalah dengan polusi udara juga akan menyusul.

Seperti diberitakan oleh AFP sebelumnya, Berlin menjadi salah satu kota di Uni Eropa yang mengalami kesulitan dalam mengendalikan polusi udara. Jika gagal, maka Jerman akan dikenai denda berat melalui pengadilan Eropa.

Dilansir dari Ifl Science, kebijakan hampir serupa juga diterapkan oleh London. Walikota London, Sadiq Khan mengusulkan pendirian `zona emisi ultra-rendah`, yang akan mengenakan biaya tinggi, bagi pengguna kendaraan di pusat kota.

Sebelumnya Beijing pernah melarang sebagian besar kendaraan melintas di pusat kota. Hasilnya, setelah kebijakan itu diberlakukan, Beijing memiliki langit biru dan indeks kualitas udara yang lebih sehat.

KEYWORD :

Kesehatan Polusi Udara Jerman Transportasi Gratis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :