Selasa, 14/05/2024 14:54 WIB

Mau Bisnis Daycare? Ini yang Mesti Diperhatikan

Untuk bisnis bidang ini, lakukan survei terlebih dahulu. Pastikan tempat itu adalah yang paling strategis.

Fasilitas Daycare atau penitipan anak

Jakarta - Di kota-kota besar di Indonesia saat ini mulai berkembang bisnis Daycare atau tempat penitipan bayi. Bisnis ini cukup menjanjikan mengingat kebutuhan rutinitas sehari-hari yang tidak dapat ditinggalkan bagi para pekerja. Karena, tidak mudah mendapatkan babysitter atau pengasuh yang handal dan dapat dipercaya.

Jasa ini memang bukanlah budaya Indonesia yang menitipkan anaknya kepada kerabat atau tenaga pengasuh di rumah. Tapi berdasarkan survei,  banyak juga yang suami istri bekerja merasa kerepotan dan bingung bila anak hanya ditinggalkan bersama pengasuhnya saja.

Daycare bukan hanya sekedar sebagai tempat penitipan bayi atau anak usia dini saja, tetapi juga berkonsep seperti sekolah awal atau sekolah usia dini bagi anak-anak tersebut.
 
Terpenting juga, anak dapat berinteraksi dengan anak lain yang dapat meningkatkan sosialisasi dan terlatih secara emosionalnya serta kemandirian. Hal ini tidak didapatkan bila hanya diasuh oleh babysitter atau pengasuh saja sehingga dapat berdampak buruk bagi perkembangan bagi buah hatinya.

Untuk bisnis bidang ini, lakukan survei terlebih dahulu. Pastikan tempat itu adalah yang paling strategis. Jangan lupa menyediakan mainan yang beredukasi dan interatif serta sarana bermain yang bersih, aman serta nyaman.

Kemudian Tenaga atau ahli psikolog anak-anak dan tenaga ahli gizi anak dapat pula dipersiapkan untuk menambahkan nilai jual serta pelayanan, tentu saja dengan harga yang berbeda atau khusus untuk itu.

Bisnis ini adalah bisnis yang bermodalkan utama adalah kepercayaan dari para orang tua yang menggunakan jasa ini untuk menitipkan anaknya. Karena itu, mulailah dengan lingkungan sekitar anda seperti keluarga, tetangga atau sahabat sebagai pengguna pertama.

Keberhasilan usaha ini akan cepat bila dipengaruhi dengan promosi dari pengalaman orang tua yang menggunakan jasa ini, sehingga mereka dapat merekomendasikan usaha Anda kepada relasinya.

Anda juga harus membuat daftar kewajiban dan hak dari pengguna jasa Anda, sehingga jelas aturan dan ketentuan dari bisnis Daycare yang Anda kelola. (Hayani)

KEYWORD :

Daycare Penitipan Anak Buka Usaha




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :