Minggu, 28/04/2024 04:14 WIB

Berbahayakah Mengonsumsi Mochi Jepang?

Teksturnya yang lembut, serta rasanya yang tak terlalu manis, terasa enak saat dikunyah di mulut.

Kue Mochi (foto: AFP)

Jakarta - Kue beras atau yang terkenal dengan sebutan `Kue Mochi` memang enak dinikmati. Teksturnya yang lembut, serta rasanya yang tak terlalu manis, terasa enak saat dikunyah di mulut.

Namun, adakalanya kamu harus berhati-hati, khususnya ketika mengonsumsi mochi Jepang. Awal tahun ini, dua orang meninggal, dan beberapa lainnya kritis setelah tersedak kue mochi. Kok bisa?

Dikutip dari BBC, mochi memiliki tekstur yang kenyal dan lengket. Namun, dengan ukurannya yang relatif kecil, mochi sering ditelan tanpa dikunyah hingga halus. Walhasil, mochi akan terjebak di tenggorokan dan menyebabkan mati lemas.

Menurut media Jepang, 90 persen orang yang dilarikan ke rumah sakit setelah makan mochi ialah mereka yang berusia 65 tahun ke tas. Tapi, bukan berarti kamu yang masih muda tidak harus waspada. Cernalah dengan benar sebelum ditelan.

Di Jepang, pemerintah setiap tahun mengeluarkan peringatan publik menjelang tahun baru, supaya irabf-orang berusia muda dan lanjut usia, memotong mochi dalam ukuran yang lebih kecil, sebelum mereka mengonsumsi makanan tersebut. Tapi, kendati ada peringatan setiap tahun, tetap saja jumlah kematian akibat makan mochi masih tetap ada.

KEYWORD :

Mochi Makanan Kuliner Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :