Jum'at, 03/05/2024 18:56 WIB

Apa yang Terjadi Jika Bumi Berputar Dua Kali Lebih Cepat?

Lalu, bagaimana bila Bumi tiba-tiba berputar dua kali lebih cepat? Apa yang akan terjadi?

Ilustrasi Bumi

Jakarta - Bumi berputar di porosnya dengan kecepatan teratur. Perputaran Bumi menyebabkan kita yang berada di atas permukaannya, mengalami waktu siang dan malam, serta 24 jam per hari.

Lalu, bagaimana bila Bumi tiba-tiba berputar dua kali lebih cepat? Apa yang akan terjadi?

Dilansir dari Popular Mechanics, dampak yang paling jelas ialah perubahan dari 24 per hari menjadi 12 jam. Sementara hal yang paling mengejutkan yakni air laut akan naik dari kutub ke daerah khatulistiwa, hingga 100 meter. Sehingga, Indonesia dan sebagian besar Amerika Latin akan tenggelam. Afrika pun akan berubah jadi negara kepulauan.

Kecepatan baru ini juga akan menimbulkan badai parah. Dan badai lain juga perlahan-lahan akan terbentuk, seiring dengan meningkatnya kelembapan Bumi di daerah khatulistiwa. Sepanjang garis ekuator juga akan dipenuhi oleh kabut permanen.

Tapi tenang, ini hanya pengandaian, dan belum pernah terjadi sejak Bumi terbentuk 4,4 miliar tahun yang lalu. Bumi secara konstan berputar dengan kecepatan 1.770 km/jam, dan menghabiskan total 23 jam 56 menit.

Namun ternyata pada era Dinosaurus dulu, Bumi pernah mengalami 22 jam per hari. Hal ini terjadi karena tarikan gravitasi Bulan yang berpengaruh pada lambatnya rotasi Bumi.

KEYWORD :

Unik Bumi Planet Tata Surya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :