Senin, 29/04/2024 11:03 WIB

Obesitas dan Diabetes Termasuk Penyebab Kanker di Dunia

Salah satu penyebab terjadinya kanker di seluruh dunia ialah kelebihan berat badan (obesitas) dan diabetes.

Ilustrasi obesitas

Jakarta – Sebuah penelitian yang dilakukan dokter dari Washington University School menyebutkan bahwa salah satu penyebab terjadinya kanker di seluruh dunia ialah kelebihan berat badan (obesitas) dan diabetes.

Menurut Dr. Graham Colditz, ketika seseorang tidak mampu menjaga pola hidup, khususnya mengontrol berat badan, maka mereka cenderung sangat mdah terserang penyakit kanker. Hal itu menurutnya, terjadi di seluruh wilayah di dunia.

"Baik obesitas maupun diabetes adalah penyebab kanker yang dapat dicegah yang kemungkinan intervensi di berbagai tingkat - pada individu, masyarakat, sistem perawatan kesehatan, dan kebijakan," kata Dr. Graham Colditz dilansir UPI.

"Tindakan lebih cepat diperlukan untuk membantu orang mempertahankan berat badan yang sehat sepanjang masa hidup, sejak usia dini," tambahnya.

Menurut beberapa peneliti dari Inggris, diabetes dan obesitas menyebabkan perubahan biologis, seperti kadar gula tinggi, peradangan kronis dan gangguan hormon seks. Seiring waktu, ini bisa menyebabkan kanker

Mereka menganalisis data kesehatan dari 175 negara. Mereka menyimpulkan bahwa 5,6 persen kasus kanker baru pada tahun 2012 disebabkan oleh indeks perkiraan lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan (BMI) dan diabetes. Kegemukan dan obesitas menyebabkan sekitar 4 persen kasus kanker, dan diabetes menyebabkan 2 persen.

Dalam penelitian tersebut menyimpulkan sebagian besar kasus kanker yang disebabkan oleh diabetes dan obesitas terjadi di negara-negara Barat, diikuti oleh negara-negara Asia Timur dan Tenggara. Diperkirakan bahwa 422 juta orang dewasa di seluruh dunia menderita diabetes dan lebih dari 2 miliar orang dewasa kelebihan berat badan atau obesitas.

"Penting agar kebijakan makanan yang efektif diterapkan untuk mengatasi meningkatnya prevalensi diabetes, IMT tinggi dan penyakit yang terkait dengan faktor risiko ini," kata Pearson-Stuttard dalam sebuah rilis berita jurnalis.

Menurut Colditz, "beban global kanker akibat BMI dan diabetes yang tinggi akan terus meningkat kecuali prevalensi dari kondisi ini turun."

KEYWORD :

Diabetes Obesitas Kesehatan Tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :