Senin, 29/04/2024 13:14 WIB

Dibui Seumur Hidup, Pria Kalifornia Bebas setelah Tes DNA

Seorang pria yang dihukum penjara seumur hidup di California atas pembunuhan ganda seorang seorang wanita dan anaknya dibebaskan atas dasar bukti DNA.

Inmate Craig Coley (California Department of Corrections and Rehabilition/Handout via reuters )

Los Angeles - Seorang pria yang dihukum penjara seumur hidup di California atas pembunuhan ganda seorang seorang wanita dan anaknya dibebaskan atas dasar bukti DNA.

Gubernur California Jerry Brown mengampuni Craig Coley yang berusia 70 tahun pada Rabu dan petugas penjara dengan cepat membebaskannya, menurut jaksa dan polisi di Simi Valley, di mana pembunuhan ganda tersebut terjadi.

Pemerintah daerah di Simi Valley, mendukung keputusan gubernur tersebut. "Suatu anugrah di mana Coley mengalami penahanannya yang panjang dan tidak adil adalah hal yang luar biasa," Brown menulis dalam dokumen dua halaman yang memerintahkan pembebasan Coley. "Saya memberikan pengampunan ini karena  Coley tidak melakukan kejahatan ini."

Lebih dari 350 orang  dibebaskan melalui tes DNA di Amerika Serikat sejak tahun 1989, menurut Proyek Innocence yang berbasis di New York, yang membantu orang-orang yang dinyatakan bersalah secara salah. Rata-rata, narapidana yang dibebaskan menjalani hukuman 14 tahun penjara saat dibebaskan.

Coley divonis bersalah dalam pembunuhan mantan pacarnya tahun 1978, Rhonda Wicht, dan anak laki-lakinya yang berusia 4 tahun, Donald, di apartemen tempat tinggal ibu dan anak itu.

Wicht dipukuli dan dicekik dan anak laki-laki itu diceki hingga mati, kata polisi Simi Valley dalam sebuah pernyataan pada Senin (20/11). Coley, yang baru saja putus dengan Wicht, ditangkap bersamaan mayat-mayat itu ditemukan.

Coley yang tidak memiliki sejarah kriminal pada 1980  divonis bersalah dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat.

Setelah mengajukan banding ke Brown untuk mendapatkan grasi, gubernur tersebut memerintahkan peninjauan kembali pada 2015. Sampel biologis yang pernah dianggap hilang atau hancur ditemukan di laboratorium swasta, kata polisi Simi Valley, dan para peneliti menganalisis bukti kunci.

Saat diselidiki, DNA Coley tidak ada pada sampel tersebut. Anehnya, penyelidikan itu justru menemukan jejak DNA orang lain. Pernyataan dari polisi Simi Valley tidak menjelaskan objek tersebut, hanya mengatakan teknologi untuk pengujian item tidak tersedia saat Coley dihukum.

"Mengkaji ulang kasus ini berdasarkan bukti baru, kami tidak lagi yakin akan bukti yang digunakan untuk menghukum Coley," kata juru bicara Simi Valley dan ventura County Ventura County dalam sebuah pernyataan bersama awal pekan ini.

Mereka menyebut kasus ini tragis dan berjanji untuk terus meninjaunya untuk menentukan apakah mereka dapat menentukan siapa yang membunuh ibu dan anak 39 tahun yang lalu.

KEYWORD :

Craig Coley California




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :