Minggu, 28/04/2024 10:18 WIB

Gresik Siap Kawal Terwujudnya Hari Bersepeda Nasional

Dengan kebiasaan masyarakat Gresik bersepeda, Sambari Halim pun mendukung penuh akan wacana Menpora Imam Nahrawi untuk mencanangkan Hari Bersepeda Nasional.

Gowes Pesona Nusantara di Gresik

Gresik - Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 yang berlangsung di Kabupaten Gresik diikuti hampir 15 ribu peserta yang terdiri dari anak-anak hingga dewasa. Mereka semangat mengayuh sepeda sambil menikmati  kultur budaya setempat.

Tak hanya dihadiri masyarakat sekitar para pejabat daerah seperti Bupati, Wakil Bupati dan Segenap jajaran Muspida Kabupaten Gresik tumpah ruah di Stadion Gelora Joko Samudro yang menjadi titik sentral GPN 2017 Gresik ini.

Gelaran program Kemenpora di bawah pimpinan Menpora Imam Nahrawi di Gresik ini dilepas oleh Bupati Gresik Dr. Ir  H. Sambari Halim Radianto serta Sekretaris Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, I Gusti Ngurah Sucitra. Dalam sambutannya Bupati Gresik berharap masyarakat Gresik semakin sehat dan terus bersatu.

"Semangat masyarakat Gresik sangat tinggi akan Gowes Pesona Nusantara. Terbukti 15 ribu peserta ikut bergowes, namun kami berpesan tetap hati-hati dalam bergowes dan semoga semakin sehat dan terus menjaga persatuan karena kita Indonesia," ucap Sambari Halim menyemangati para pegowes.

Tingginya animo masyarakat Gresik untuk mengikuti perhelatan ini tak lepas dari kebiasaan masyarakat Gresik dalam bersepeda. Bagi Sambari Halim hampir setiap pekan masyarakat Gresik kerap melakukan hal tersebut.

Dengan kebiasaan masyarakat Gresik bersepeda, Sambari Halim pun mendukung penuh akan wacana Menpora Imam Nahrawi untuk mencanangkan Hari Bersepeda Nasional. Bahkan baginya Kabupaten Gresik siap mengawal wacana tersebut agar terealistis.

"Sebagai perwakilan daerah, kita selalu mendukung akan rencana dari pusat untuk hari bersepeda nasional. Bahkan kita siap bila nantinya penetapan hari nasional itu dilaksanakan di Gresik," beber dia.

Bersepeda ini memang tengah digembar-gemborkan oleh pemerintah. Bahkan Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan kunjungan kerja selalu memberikan kuis yang hadiahnya sepeda. Ada pesan yang disampaikan orang nomor satu di Indonesia itu. 

I Gusti Ngurah Sucitra selaku Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora mengaku terkesan akan meriahnya GPN di Gresik. Baginya semangat masyarakat Gresik bersepeda dapat menjadi panutan. "Cukup terkesan dengan semangat Gresik. Dengan peserta 15 ribu itu menjadi salah satu peserta terbanyak. Ini menjadi penyemangat kita untuk terus bersepeda," tambah Sucitra.

Gowes Pesona Nusantara sendiri sudah memasuki etape puncaknya. Setelah melewati titik yang direncanakan di seluruh Indonesia, Gowes Pesona Nusantara akan bermuara di Hari Olahraga Nasional, 9 September mendatang di Magelang.

KEYWORD :

info pemuda dan olahraga gowes pesona nusantara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :