Jum'at, 26/04/2024 15:55 WIB

Hasil SEA Games Jeblok, Menpora Siapkan Terobosan

Perlu ada Lembaga Pendanaan Khusus Olahraga.

Menpora Imam Nahrawi

Jakarta - Menpora Imam Nahrawi akan mengambil langkah cepat  menyusul hasil buruk Indonesia di SEA Games 2017 Malaysia. Selain akan mengevaluasi total seluruh pemangku kepentingan olahraga Indonesia, Menteri asal Bangkalan Madura Jawa Timur ini akan melakukan terobosan pembenahan,  mulai dari pendanaan hingga pembinaan atlet. 

"Saya akan mengambil alih secara langsung proses pembinaan atlet dan mengevaluasi seluruh stakeholder, unit-unit terkait yang berhubungan dengan prestasi olahraga Indonesia, baik internal Kemenpora, KOI, Satlak PRIMA untuk bersama-sama fokus tugas masing-masing demi keberhasilan prestasi di Asian Games nanti, serta event-event selanjutnya," kata Menpora pada konferensi pers terkait SEA Games 2017 Malaysia di Media Center, Kemenpora, (31/8) siang. 

Beberapa langkah cepat atau terobosan baru yang akan dilakukan Menpora untuk melakukan pembenahan yakni, Pendanaan atlet tak hanya mengandalkan pendanaan hanya dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Sehingga perlu ada Lembaga Pendanaan Khusus Olahraga. 

"Pendanaan dari APBN harus menyesuaikan dengan kaidah hukum, kalau tidak hati-hati akan ada komplikasi hukum. Sedangkan pembiayaan olahraga butuh yang fleksibel, karena dinamikanya cepat," urai Menpora. “Oleh karena itu kami akan membentuk Lembaga Dana Olahraga, yang melibatkan BUMN (Badan Usaha Milik Swasta), pihak swasta, dan donasi-donasi," tambahnya.

Langkah cepat selanjutnya yakni mewajibkan pembinaan atlet menggunakan fasilitas yang pernah digunakan untuk Pekan Olahraga Nasional. Menurut Menpora, pelatnas setiap cabang harus terpusat dan tak boleh jalan sendiri-sendiri. “Kab ada fasilitas di Palembang, Riau, Kalimantan Timur, dan Jawa Barat yang bisa digunakan. Hal ini dilakukan supaya memudahkan kontrol atlet, seperti nutrisi, makanan, alat tanding, dan menciptakan lingkungan unggulan bagi atlet," tegas Cak Imam.

Dan yang lebih penting yakni Menpora akan meminta stakeholder olahraga serius mengawal dengan detail seluruh proses yang dilakukan, serta melaksanakan tugas dan kewajiban masing-masing. "Harapannya jika stakeholder bisa mengawal dan bertanggung jawab, maka prestasi di Asian Games 2018 bisa sesuai harapan," pinta Menpora.

KEYWORD :

info pemuda dan olahraga menpora imam nahrawi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :