Senin, 06/05/2024 14:26 WIB

Indonesia Loloskan Tiga Wakil ke Semifinal

Unggulan enam Tontowi/Liliyana  membuktikan bahwa mereka masih menjadi ganda campuran tangguh.

Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi

Jakarta – Indonesia menempatkan tiga wakil ke babak semifinal kejuaraan BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017. Ganda putri Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi menjadi wakil ketiga Merah Putih yang lolos ke babak empat besar setelah mengalahkan pasangan Thailand, Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanchai lewat skot ketat 13-21, 21-19 dan 21-11 pada laga semifinal Jumat (16/6) malam.

Sebelumnya, tiket semifinal diraih ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir  yang menaklukkan atas Tan Kiang Meng/Lai Pei Jing (Malaysia), dengan skor 21-18, 21-16. Kemudian  ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lebih dulu melaju usai mengalahkan wakil Thailand, Kittinupong Kedren/Dechapol Puavaranukroh, dengan skor 21-13, 18-21 dan 21-12.

Unggulan enam Tontowi/Liliyana membuktikan bahwa mereka masih menjadi ganda campuran tangguh. Meski Tan/Lai adalah grafik penampilannya tengah menanjak, namun keduanya tak berkutik saat menghadapi pasangan peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini.

“Kami bersyukur bisa lolos ke semifinal, tadi pertandingannya tidak mudah. Dari awal game pertama dan kedua lumayan jauh tertinggal. Tetapi ini tidak membuat kami down, kami tidak lengah, tetap fokus dan akhirnya kami bisa membalikkan keadaan,” kata Liliyana. “Soal lutut, aman. Memang kadang-kadang ada kaget, tetapi tidak masalah. Saya nggak mau memikirkan soal lutut, lebih baik fokus, sebelum poin 21, saya tidak mau menyerah,” tambahnya.

“Saya fokus ke diri saya sendiri, bermain tenang dan percaya diri. Saya nggak mau mikir yang aneh-aneh, yang penting shuttlecock masuk dulu, dan terbukti saya bisa,” tambah Tontowi, yang akan menghadapi pasangan Malaysia, Chang Peng/Yen Wei di babak empat besar.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang bukan pasangan berstatus unggulan, akan menjajal unggulan kedua dari Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen pada laga semifinal, Sabtu (17/6).

Sementara Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi yang juga tak diperhitungankan sebelumnya, akan menghadapi pasangan Tiongkok unggulan 5, Qingchen Chen/Yifan Jia.

Tiongkok menjadi yang terbanyak meloloskan pemain ke semifinal turnamen berhadiah total 1 juta dolar Amerika ini, lima wakil. Namun empat wakilnya akan saling berhadapan di semifinal sehingga negeri Tirai bambu memastikan diri menempatkan dua wakil ke babak final.

KEYWORD :

Indonesia Open 2017 Bulutangkis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :