Minggu, 28/04/2024 12:10 WIB

Sultan Mahmud Usir Belanda, Jokowi Diminta Hargai Pahlawan

Presiden Jokowi diminta untuk memberi gelar pahlawan nasional Indonesia terhadap Sultan Mahmud Riayat Syah.

Diskusi Talk Show Sang Gerilyawan Laut di Pressroom DPR

Jakarta - Presiden Jokowi diminta untuk memberi gelar pahlawan nasional Indonesia terhadap Sultan Mahmud Riayat Syah. Sebab, Sultan Mahmud disebut berperan dalam mengusir penjajah dari Kepulauan Riau.

Permintaan itu disampaikanAnggota Komisi VI DPR fraksi NasDem, Nyat Kadir, dalam diskusi bertajuk "Napak Tilas Sang Gerilyawan Laut Sultan Mahmud Riayat Syah daari Lingga", di Pressroom DPR, Jakarta, Kamis (15/6).

Kadir mengatakan, Sultan Mahmud merupakan salah satu sosok pejuang kemerdekaan yang gigih mengusir Belanda dari monopoli perdagangan timah dan hasil laut maritim yang saat itu menduduki Kepulauan Riau.

"Inilah saatnya pemerintah hargai pahlawan yang berjuang puluhan tahun yang lalu, apalagi pada saat sekarang visi pemerintah ingin angkat wilayah kemaritiman sebagai potensi Indonesia," kata Kadir.

Sultan Mahmud, kata Kadir, merupakan sosok yang tangguh dalam menyusun strategi perang laut. Salah satunya, ketika Belanda menduduki Ibukota yang sekarang disebut Tanjung Pinang pada tahun 1787, Sultan Mahmud dengan bantuan persenjataan armada laut dari Raja Sabah berhasil mengusir Belanda.

"Yang hebat dari Sultan Mahmud ini adalah strategi perang grilya laut itu, saya kira tidak banyak di Nusantara yang punya kehabatan seperti beliau," jelasnya.

Kata Kadir, usulan pemberian gelar pahlawan untuk Sultan Mahmud Riayat Syah telah disampaikan pada tahun 2013 yang lalu. Namun, saat itu tim peneliti yang salah satunya terdiri dari Kementerian Sosial (Kemensos) menyebut dokumen-dokumen yang dibutuhkan belum lengkap.

Untuk itu, Kadir kembali mengusulkan dengan melengkapi bukti-bukti dokumen dari sejumlah sejarahwan, Pemprov, sampai pemerintah Belanda. "Sekarang dokumennya lengkap, harapan kita pemerintah jangan ragu-ragu berikan gelar pahlawan ini," tegasnya.

KEYWORD :

Presiden Jokowi Sultan Mahmud Gelar Pahlawan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :