Sabtu, 04/05/2024 17:48 WIB

INTERNASIONAL

Menlu Saudi Bilang Tak Ada Blokade Qatar

 Kerajaan siap memberikan bantuan pangan dan medis ke Qatar jika diperlukan.

Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al Jubeir (Foto: AFP)

Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Saudi Adel Al Jubeir mengatakan, Kerajaan siap memberikan bantuan pangan dan medis ke Qatar jika diperlukan. Hal itu diungkap seminggu setelah Riyadh dan ibu kota Arab lainnya memutuskan hubungan dengan tetangga Teluk mereka.

Al-Jubeir mengatakan, sebelum bertemu Menlu AS Rex Tillerson bahwa tidak ada blokade Qatar, hal itu menunjukkan hingga kini pelabuhan dan bandara Qatar terbuka.  Ia mengatakan, Arab Saudi hanya menolak penggunaan wilayah udara Qatar, yang menurutnya adalah hak kedaulatan negaranya.

Jubeir mengatakan Qatar dapat  mengeluar-masukkan barang ke negaranya kapan pun mereka mau. Ia mengatakan, penghasil minyak bumi terbesar di dunia itu mengizinkan keluarga bergerak di antara negara-negara.

Karena itu, tambah Jubeir, Arab Saudi bersedia menyediakan makanan dan obat-obatan melalui King Salman Center, sebuah badan kemanusiaan Saudi.

Arab Saudi menutup satu-satunya perbatasan darat Qatar, bersama sejumlah dengan negara-negara lain dalam mengurangi  transportasi lalu lintas laut, membuat penduduk Qatar panik dan menimbun makanan.

KEYWORD :

Arab Saudi Adel Al Jubeir qatar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :