Minggu, 28/04/2024 07:48 WIB

Enam Kelurahan di Palu Terdampak Banjir

Sebagian permukiman warga berada di dekat daerah aliran sungai (DAS) dan pada waktu air sungai naik, airnya meluap ke rumah warga.

Banjir terjadi di beberapa Kelurahan di Kota Palu, Sulawesi Tengah

Palu - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Sulawesi Tengah mendata, sebanyak enam kelurahan terkena dampak banjir kiriman Sungai Palu yang terjadi pada Minggu (4/6) petang.

Kepala BPBD Kota Palu, Presly Tampubolon mengatakan, wilayah yang terendam banjir menyusul meluapnya air Sungai Palu antara lain Kelurahan Tatura Selatan, Kampung Baru, Ujuna, Nunu, Besusu Barat dan Lolu Utara.

Kata Presly, sebagian permukiman warga berada di dekat daerah aliran sungai (DAS) dan pada waktu air sungai naik, airnya meluap ke rumah warga. "Sampai sekarang ini baru ada satu posko pengungsi yang kami bangun dan masih ada permintaan lagi untuk sejumlah titik banjir," kata Presly dilansir Antara.

Data sementara, kata Presly, tercatat sekitar 600 rumah tersebar di enam kelurahan di Kota Palu. Hingga kini masih terendam banjir sehingga sebagian besar warga terpaksa mengungsi sementara ke rumah tetangga dan tempat aman lainnya.

"Telah membangun posko pengungsian di Kelurahan Lolu Utara untuk menampung para warga yang terpaksa meninggalkan rumahnya yang tergenang air," ujarnya.

Ia meminta warga di wilayah lainnya yang permukimannya dekat dengan daerah aliran sungai (DAS) untuk tetap waspada karena air Sungai Palu tampak masih berpotensi bertambah besar karena hujan di hulu masih berlangsung.

 

KEYWORD :

Dampak Banjir Palu Sulawesi Tengah BNPB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :