Senin, 29/04/2024 21:49 WIB

Ini Tips Puasa Sehat ala Dokter Timur Tengah

Berolahraga saat Ramadan juga penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Sate Ayam, contoh makanan untuk berbuka puasa

Dubai – Meningkatnya suhu pada siang hari, harus tetap diimbangi dengan mempertahankan ketersediaan cairan di dalam tubuh. Caranya, mulai malam hari hingga sahur sangat dianjurkan untuk minum delapan gelas air, agar tidak dehidrasi saat sedang menjalani ibadah puasa.

Demikian salah satu tips yang disampaikan oleh Dr. Alaa Takidin, seorang ahli diet klinis dan gizi di Rumah Sakit Spesialis Kanada di Uni Emirat Arab (UAE). Dr. Alaa juga mengimbau agar menu makan saat sahur merupakan makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi.

“Kita harus sadar menjaga suhu tubuh tetap pada tingkat normal, dan menghindari dehidrasi selama Ramadan. Tinggal di dalam rumah selama jam-jam panas, membatasi aktivitas fisik hingga menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan tubuh cepat haus juga penting,” kata Dr. Alaa dikutip dari Albawba.

Berolahraga saat Ramadan juga penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Tapi, bukan berolahraga di siang hari, melainkan dilakukan setelah menjalankan salat Tarawih di malam hari. Tidak perlu lama-lama, cukup 15 sampai 20 menit per hari.

Minuman berkafein seperti kopi, the atau minuman bersoda juga sebaiknya dihindari. Sebab dapat menimbulkan sakit kepala, perasaan mudah marah, hingga perubahan emosi secara cepat.

“Hidangan utama saat berbuka juga harus mengandung sumber karbohidrat seperti nasi, dan beberapa protein seperti daging ayam, sapi, maupun ikan. Jangan lupa menyertakan sayuran. Makanan yang terlalu asin atau pedas sebaiknya tidak dikonsumsi,” ujarnya.

KEYWORD :

Tips puasa Ramadan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :