Minggu, 28/04/2024 00:29 WIB

Tim Sepakbola Putri Ini Sukses di Kompetisi Pria

Sejumlah orangtua menganggap kami gila saat mendaftarkan tim ini, ucap direktur klub.

AEM Lleida, klub sepakbola putri junior di Spanyol.(foto/nytimes)

Lleida - Tim sepakbola remaja putri di Spanyol ini berhasil mengukir prestasi di liga regional yang keseluruhan pesertanya adalah remaja pria. Uniknya tim sepakbola putri ini, AEM Lleida, meraih tropi liga dengan strikernya, Andrea Gomes sebagai top skor dengan torehan 38 gol.

Klub asal kota kecil Lleida itu sebelumnya bermain di liga putri, namun tim Gomes sangat mendominasi liga sepakbola putri. Pada tahun 2014, untuk pertamakalinya, pihak klub mendaftarkan diri ikut bertanding di liga remaja pria dengan peserta 18 tim. Federasi sepakbola Spanyol memang membolehkan kompetisi tanpa membedakan jenis kelamin, termasuk tim campuran yang menggabungkan anak-anak laki-laki dan perempuan. AEM Lleida masuk kompetisi junior hingga usia 14 tahun.

"Sejumlah orangtua menganggap kami gila saat mendaftarkan tim ini. Jika ini salah, kami dianggap ikut bertanggungjawab mempermalukan gadis-gadis itu," ucap Jose Maria Salmeron, direktur klub AEM, seperti dilansir NYtimes.

Tentu saja, klub AEM yang maju ke liga pria itu berjuang tanpa cemooh. Banyak komentar miring terkait kepesertaan klub putri itu. Adaptasi menjadi kunci yang tepat untuk mengalahkan klub-klub remaja pria. Bukan dengan cara membuat gadis-gadis putri lebih macho, namun memberikan teknik-teknik yang tepat untuk dimainkan.

"Saya selalu berusaha menunjukkan bahwa sepakbola bukan hanya untuk anak laki-laki. Jika secara teknis anda lebih baik, anda bisa mengimbangi kemungkinan lebih lemah secara fisik," ucap Gomes, striker andalan AEM.

Pasca laga melawan La Noguera, dimana klub putri itu memastikan gelar liga, para pemain putri itu merayakannya dengan melempar sang pelatih, Daniel Rodrigo, ke udara layaknya para pemain pria.

Meski kalah, namun tim sepakbola pria La Noguera, memberikan apresiasi kepada tim sepakbola putri itu. "Sulit untuk kalah melawan perempuan. Tapi ini benar-benar sangat menarik," ucap Oriol Marchal, salah satu pemain La Noguera.[]

KEYWORD :

sepakbola putri aem lleida sepakbola spanyol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :