Minggu, 28/04/2024 23:06 WIB

Marwan Jafar Dorong Tingkatkan Kesejahteraan Petani Jateng

Pertanian di Klaten dan sekitarnya harus diberdayakan, dengan memberikan proteksi pada petani.

(kanan ke kiri) Bendahara DPP Bambang Susanto, Calon Gubernur Jateng Marwan Jafar, Wakil Ketua PWNU Jateng KH Syamsudin, Ketua DPW PKB Jateng KH Yusuf Chudlori

Klaten - Calon Gubernur Jawa Tengah Marwan Jafar mengatakan konsepnya untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Jawa Tengah. Pertanian di Klaten dan sekitarnya harus diberdayakan, dengan memberikan proteksi pada petani.

“Karena ada semacam penurunan nilai tukar petani, sekarang  sekitar 97 persen. Ini belum impas dengan biaya yang dikeluarkan petani, karena minimal harus 100 persen.

Harus kita kuatkan lagi petani kita, sehingga tidak mengalami keterpurukan. Khususnya Klaten, Solo Raya dan sekitarnya,” kata Marwan Jafar di sela acara Halaqoh Ulama Rakyat di Ponpes Al Barokah, Wonosari, Klaten Sabtu (13/5).

Keterpurukan petani menurut Marwan Jafar, akibat tidak adanya keberpihakan secara tegas dari pemerintah. Untuk itu ia menegaskan akan menerapkan keberpihakan yang tegas baik pada level kebijakan maupun level anggaran. Selain itu  perlu kontrol di lapangan bagaimana nasib petani secara riil.

“Kebijakan itu tidak hanya hanya pencintraan, tapi harus kerja nyata, fakta, realistas,” tegas Marwan Jafar.

Ia juga memiliki konsep untuk membuka lahan-lahan pertanian baru di wilayah yang memungkinkan. Demi meningkatkan kesejahteraan petani. akan menyesuaikan tata ruang nasional dan jawa tengah.

"RT RW harus disesuaikan sehingga tak mengurangi lahan pertanian kita, lahan produktif, tak harus dialihkan ke fungsi yang lain. Perlu ketasan kebijakan harus diimplementasikan secara tegas dan nyata bukan hanya di atas kertas, kita kawal bukan hanya pada level komunikasi eksekutif dan legislatif, tetapi kita kawal pada tingkat lapangan, harus ditinjau di lapangan betul-betul, kalau tidak berarti hanya di level kertas saja," ujarnya.

Marwan juga mengemukakan, perlu evaluasi kebijakan yang kontroversial, karena tidak menguntungkan rakyat maupun wilayah secara jangka panjang. Termasuk ia menyampaikan komitmennya dalam pemberantasan korupsi.

“Sepeser uangpun harus digunakan semaksimal mungkin untuk kepetingan dan kesejahteraan rakyat,” tandas Marwan.

KEYWORD :

PKB Marwan Jafar Pilkada Jawa Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :