Minggu, 28/04/2024 21:28 WIB

Jelang GPN 2017, Komunitas Sepeda Jambore Keliling Tarakan

Kegiatan yang diikuti sekitar 250 penggiat sepada ini melewati rute-rute ekstrim menerabas hutan-hutan dan dataran tinggi di sekitar Kota Tarakan.

Jambore Sepeda Kaltara saat start di di Stadion Datuk Adil, Tarakan, Sabtu (13/5).

Tarakan - Sebelum pembukaan Gowes Pesona Nusantara/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 dilakukan di Tarakan pada Minggu (14/5), Komunitas Sepada dari berbagai daerah di Kalimantan Utara (Kaltara) yang telah tiba di Tarakan, melakukan Jambore. Kegiatan yang diikuti sekitar 250 penggiat sepada ini melewati rute-rute ekstrim menerabas hutan-hutan dan dataran tinggi di sekitar Kota Tarakan, Sabtu (13/5).

Jambore Komunitas Sepeda Kaltara ini melakukan start sekitar pukul 06.30 WITA, menempuh jarak sektar 25km. “Acara ini diadakan sebagai rangkaian dan merupakan inisiasi dari komunitas sepada Kaltara untuk memeriahkan Gowes Pesona Nusantara/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017,” kata Walikota Kota Tarakan, Sofian didampingi Kadispora Tarakan saat membuka Jambore tersebut di Stadion Datuk Adil.

Komunitas sepeda tersebut sebelumnya berangkat dari sejumlah Kabupaten/Kota asal mereka. Seperti Malino, Bunyu,Tanjung Selor, Bulungan serta dari Kota Tarakan sebagai tuan rumah pusat pembukaan Gowes Pesona Nusantara/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Gowes Pesona Nusantara 2017 bersama tiga daerah lain sebagai titik terluar, Sabang (Aceh), Atambua (NTT) dan Merauke (Papua).

Walikota Kota Tarakan juga menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora yang telah memilih derahnya sebagai salah satu tempat pembukaan GPN 2017. Ia berharap kegiatan ini bisa meningkatkan budaya berolahraga masyarakat di Tarakan dan  Kaltara, serta mendongkrak sektor pariwisata daerahnya.

Sementara itu, untuk Pembukaan GPN 2017 di Tarakan yang akan mengambil start dan finis di Stadion Datuk Adil pada Minggu (14/5), akan diikuti sekitar 1000 peserta, termasuk peserta yang baru menggelar jambore. “Untuk acara Gowes Pesona Nusantara/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Gowes Pesona Nusantara besok, rute yang akan ditempuh adalah jalan-jalan raya di Kota Tarakan dengan menempuh jarak sekitar 17km,” jelas Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kemenpora,  I Nyoman Winata yang juga berkesempatan mengikuti Jambore Komunitas Sepeda Kaltara.

Pembukaan GPN 2017 di Tarakan juga akan dimeriahkan berbagai kesenian deerah, atraksi bmx dan skateboard, serta barongsai. Saat start Gowes Pesona Nusantara/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Gowes Pesona Nusantara, juga tidak dilakukan dengan pengibaran bendera start seperti umumnya, tapi dilakukan dengan pemotongan pita yang digigit Barongsai.

Sebelum pembukaan GPN 2017, juga akan dilakukan prosesi adat penyerahan tanah kepada Walikota Tarakan yang kemudian dimasukkan ke dalam wadah khusus untuk di arak oleh peserta Gowes Pesona Nusantara/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Gowes Pesona Nusantara. Kegiatan GPN yang berada di bawah payung program Ayo Olahraga gawean Kemenpora ini  akan saling menyambung ke sejumlah kabupaten/kota dan berakhir di Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September, di Magelang, Jawa Tengah.

KEYWORD :

Gowes Pesona Nusantara Gowes Tarakan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :