Minggu, 28/04/2024 06:57 WIB

INTERNASIONAL

Turki Berencana Bangun Dinding Pembatas dengan Iran. Ada Apa?

Pejabat Kementerian Luar Negeri Iran yang tak ingin disebut namanya mengatakan Iran telah menyampaikan rencana Turki untuk memasang tembok di sepanjang bagian perbatasan Turki-Iran

ilustrasi

Jakarta - Pejabat Kementerian Luar Negeri Iran yang tak ingin disebut namanya mengatakan Iran telah menyampaikan rencana Turki untuk memasang tembok di sepanjang bagian perbatasan Turki-Iran. Pernyataan tersebut rilis melalui portal berita ISNA.

Hurriyet melaporkan pada Senin (8/5) bahwa Turki berencana untuk membangun sebuah dinding perbatasan sebagai bagian dari tindakan terhadap kelompok militan Pekerja Kurdistan (PKK).

Laporan tersebut mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa negara tersebut akan membangun tembok sepanjang 70 kilometer di sepanjang perbatasan dekat Provinsi Agri dan Provinsi Igdir Timur, dan juga akan menutup perbatasan dengan lampu, menara dan pagar besi menurut pejabat tinggi Turki.

Pejabat tersebut mengklaim bahwa PKK memiliki beberapa kemah di wilayah Iran di dekat perbatasan Turki sekitar 800 sampai 1.000 militan, yang kadang-kadang memasuki Turki dan melakukan serangan. Turki juga membangun tembok sepanjang 900 kilometer di sepanjang perbatasan Suriah untuk mencegah pengungsi dan militan memasuki negara tersebut. Fase 556 km pertama selesai bulan lalu.

KEYWORD :

Turki Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :