Minggu, 28/04/2024 01:07 WIB

Harga Bawang Putih Naik, Mentan: Tidak Masuk Akal

Secara logika yang biasanya tinggi yang tidak impor.

Amran Sulaiman (Tengah)

Jakarta - Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman menyampaikan harga normal komoditi bawang putih saat ini adalah Rp25.000 hingga Rp30.000 per kilogram. Hal itu disampaikan menyikapi lonjakan harga komoditi tersebut beberapa pekan terakhir yang notabene adalah impor.

"Seharusnya tidak tinggi, itu kan impor. Secara logika yang biasanya tinggi kan yang tidak impor. Bawang merah justru turun. Ini tidak masuk akal kalau naik, itu kan dominan impor," tegas Amran di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (3/5).

Lebih lanjut Amran mengatakan, "alasan itulah mengapa kami bangun kerja sama dengan Kapolri karena pengalaman sebelumnya komoditi terkecil pun, seperti cabai dikartel."

Ditanya apakah pasokan komoditi tersebut berkurang sehingga harganya melunjak, Mentri Amran menyebutkan "intinya tidak ada alasan, itu kami bebaskan mereka impor untuk bawang putih," jelasnya

Dengan demikian, Amran akan mendorong petani agar menanam bawang putih secara swadaya. Upaya tersebut dilakukan untuk menekan permintaan impor.

"Kami menyerap produk petani sampai tingkat yang menguntungkan. Seperti jagung awalnya kita impor 4 juta akhirnya turun di angka 900. Tahun ini malah tidak ada permintaan impor," ujar Amran.

KEYWORD :

Komoditi Kementerian Pertanian Amran Sulaiman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :