Kamis, 02/05/2024 00:41 WIB

Kelompok Garis Keras Keberatan, DPR AS Tetap Gelar Pemungutan Suara Bantuan Perang

Kelompok Garis Keras Keberatan, DPR AS Tetap Gelar Pemungutan Suara Bantuan Perang

Bendera AS berkibar di atas Gedung Kantor Cannon House di Capitol Hill di Washington, AS 19 Desember 2022. REUTERS

WASHINGTON - Dewan Perwakilan Rakyat AS akan mengadakan pemungutan suara yang telah lama ditunggu-tunggu mengenai bantuan untuk Ukraina, Israel, dan Indo-Pasifik pada hari Sabtu. Ketua Partai Republik Mike Johnson mengatakan hal ini membuka jalan bagi kemungkinan pemungutan suara tersebut meskipun ada keberatan keras dari sayap kanan.

Komite Alokasi DPR mengumumkan undang-undang yang menyediakan lebih dari $95 miliar bantuan keamanan, termasuk $60,84 miliar untuk mengatasi konflik di Ukraina, dimana $23,2 miliar akan digunakan untuk mengisi kembali senjata, persediaan, dan fasilitas AS.

Total tagihan Israel adalah $26,38 miliar, yang sebagian di antaranya akan menutupi biaya operasi militer AS dalam menanggapi serangan baru-baru ini. Dan $9,1 miliar dari total dana tersebut ditujukan untuk kebutuhan kemanusiaan, sesuatu yang diminta oleh Partai Demokrat, meskipun mereka melarang pendanaan apa pun untuk badan pengungsi Palestina, UNRWA.

Upaya bantuan keamanan menjadi mendesak setelah serangan Iran pada akhir pekan terhadap Israel sebagai pembalasan atas dugaan serangan udara Israel terhadap kompleks kedutaan Iran di Damaskus pada tanggal 1 April.

Tindakan Indo-Pasifik berjumlah $8,12 miliar.
Johnson mengatakan dia akan memberi anggota DPR waktu 72 jam – hingga Sabtu tengah hari – untuk meninjau RUU tersebut dan menawarkan amandemen sebelum pemungutan suara mengenai pengesahan final.

Dia juga mengatakan akan mengeluarkan rancangan undang-undang keamanan perbatasan yang terpisah, untuk memenuhi permintaan kelompok konservatif.

Presiden Partai Demokrat Joe Biden meminta Kongres untuk segera mengesahkan RUU tersebut. “Saya akan segera menandatangani undang-undang ini untuk mengirimkan pesan kepada dunia: Kami mendukung teman-teman kami, dan kami tidak akan membiarkan Iran atau Rusia berhasil,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Karyawan Boeing saat ini dan mantan karyawannya menyampaikan peringatan keras pada dua sidang Senat AS pada hari Rabu mengenai budaya keselamatan dan kualitas manufaktur di perusahaan pembuat pesawat tersebut.

Ketiga RUU tersebut serupa dengan paket bantuan luar negeri senilai $95 miliar yang disahkan Senat pada bulan Februari dengan dukungan bipartisan sebesar 70%. Namun Johnson menolak untuk melanjutkan hingga minggu ini, di tengah keberatan dari anggota parlemen sayap kanan, beberapa di antaranya mengancam akan mencoba memecatnya sebagai ketua parlemen.

RUU Ukraina mencakup ketentuan bahwa bantuan ekonomi kepada Kyiv – bukan bantuan militer – harus dibayar kembali, yang merupakan tuntutan konservatif. Namun, pemerintahan Biden dapat mengesampingkan persyaratan tersebut.

Dukungan Demokrat terhadap rencana Johnson sangat penting, mengingat mayoritas tipis Partai Republik di DPR dan tentangan dari Partai Republik sayap kanan.

Rencana tersebut mendapat dukungan penting dari Perwakilan Rosa DeLauro, petinggi DPR dari Partai Demokrat. “Kami akhirnya mempunyai jalan ke depan untuk memberikan dukungan bagi sekutu kami dan sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan,” katanya.

Pemimpin Partai Demokrat di DPR Hakeem Jeffries mengatakan Partai Demokrat akan membahas RUU tersebut dan mengambil keputusan. “Kami ingin melakukan pembicaraan itu, sebagai kaukus, sebagai sebuah keluarga, sebagai sebuah tim,” katanya kepada wartawan.

Pemimpin Partai Demokrat di Senat Chuck Schumer juga mengatakan bahwa, meskipun langkah-langkah yang diambil DPR tampak serupa dengan rancangan undang-undang Senat dan dia ingin bantuan segera disahkan, dia akan meninjau undang-undang tersebut sebelum mengambil keputusan.

Setidaknya dua anggota DPR telah mengancam akan mencoba memecat Johnson jika dia meneruskannya, dan segelintir orang menentang rancangan undang-undang tersebut pada hari Rabu segera setelah rancangan undang-undang tersebut diajukan.

Bantuan ke Ukraina ditentang keras oleh banyak anggota parlemen yang paling konservatif – terutama mereka yang bersekutu dengan mantan Presiden Donald Trump, yang selama ini skeptis terhadap bantuan Ukraina dan berharap untuk memenangkan kembali Gedung Putih pada bulan November.

Perwakilan Partai Republik garis keras Marjorie Taylor Greene, pada hari Rabu menegaskan kembali ancamannya untuk mencoba memecat Johnson.

“Joe Biden baru saja mengumumkan bahwa dia mendukung rancangan undang-undang DPR yang diajukan Johnson,” kata Greene di X. “Johnson bukan Ketua kita, dia adalah pembicara mereka. Pertanyaannya adalah berapa lama lagi konferensi kita akan mentolerir hal ini?”

Johnson mengatakan dia tidak akan membiarkan ancaman tersebut mempengaruhi dirinya, dan mengatakan bahwa sangat penting untuk mendukung Ukraina. "Saya bisa saja mengambil keputusan yang egois... tapi di sini saya melakukan apa yang saya yakini sebagai hal yang benar," katanya kepada wartawan.

Ada juga kelompok sayap kiri yang keberatan, di tengah kekhawatiran mengenai pengiriman uang ke Israel ketika negara itu membalas serangan militan Hamas pada 7 Oktober. Para penentang mengatakan harus ada kontrol yang lebih ketat terhadap senjata AS dan uang pajak, mengingat banyaknya korban jiwa yang ditimbulkan oleh kampanye Israel di Gaza terhadap warga sipil.

Johnson mengatakan komite Peraturan DPR juga akan mengesahkan langkah keamanan nasional keempat, termasuk UU REPO, RUU TikTok DPR, dan sanksi ion.

UU REPO akan mengatur penyerahan aset-aset Rusia yang disita ke Ukraina. Dan DPR pada bulan Maret meloloskan rancangan undang-undang yang akan memberi waktu enam bulan kepada pemilik aplikasi video pendek TikTok, ByteDance, untuk mendivestasikan aset-asetnya di AS atau menghadapi larangan.

Johnson juga menjanjikan rancangan undang-undang keamanan perbatasan yang terpisah. Imigrasi merupakan kekhawatiran utama kaum konservatif menjelang pemilu 5 November yang akan menentukan kendali Gedung Putih dan Kongres. Beberapa anggota Partai Republik bersikeras bahwa mereka tidak akan mendukung bantuan asing tanpa dana lebih besar untuk keamanan di perbatasan dengan Meksiko.

KEYWORD :

Partai Repubik Kongres Amerika Bantuan Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :