Selasa, 30/04/2024 03:19 WIB

Serangan Iran terhadap Israel Bangkitkan Kekaguman Warga Palestina di Gaza

Serangan Iran terhadap Israel Bangkitkan Kekaguman Warga Palestina di Gaza

Warga Palestina berusaha kembali ke rumah mereka di Gaza utara, seperti yang terlihat dari Jalur Gaza tengah, 14 April 2024. REUTERS

KAIRO - Serangan Iran terhadap Israel mendapat tepuk tangan dari banyak warga Palestina di Gaza pada hari Minggu sebagai balasan yang jarang terjadi atas serangan Israel di daerah kantong mereka, meskipun beberapa orang mengatakan mereka curiga Teheran melancarkan serangan itu lebih untuk pertunjukan daripada menimbulkan kerusakan nyata.

“Untuk pertama kalinya, kami melihat beberapa roket tidak mendarat di wilayah kami. Roket-roket ini mengarah ke wilayah Palestina yang diduduki,” kata Abu Abdallah, mengacu pada wilayah yang menjadi Israel pada tahun 1948, melainkan Tepi Barat dan Gaza yang diduduki.

“Kami berharap jika Iran atau negara lain ikut serta dalam perang, maka solusi bagi Gaza mungkin akan lebih dekat dari sebelumnya. Amerika mungkin harus menyelesaikan masalah di Gaza untuk mengakhiri akar masalahnya,” kata Abu Abdallah, 32, menggunakan nama panggilan dan bukan nama lengkapnya.

Banyak orang di Gaza merasa ditinggalkan oleh negara-negara tetangganya di Timur Tengah sejak Israel memulai serangan yang telah menewaskan lebih dari 33.000 orang sebagai tanggapan atas serangan Hamas di tanah Israel, yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera 253 orang pada 7 Oktober.

Namun dukungan datang dari Iran dan proksi regionalnya, yang merupakan sekutu penguasa Islam Hamas di Gaza. Kelompok Houthi di Suriah dan Yaman menyebut serangan Iran itu sah. Sekutu Iran, Hizbullah di Lebanon, memuji serangan itu sebagai serangan yang “berani”.

Rekaman yang beredar dari daerah kantong tersebut menunjukkan banyak warga, termasuk di dalam tenda pengungsian, bersiul dan yang lainnya meneriakkan Allah Akbar (Tuhan Yang Maha Besar) dengan gembira ketika langit diterangi oleh roket Iran dan intersepsi Israel.

“Siapapun yang memutuskan untuk menyerang Israel, berani menyerang Israel di saat seluruh dunia bertindak untuk kepentingannya, adalah pahlawan di mata rakyat Palestina terlepas dari apakah kita menganut ideologi mereka (Iran) atau tidak,” kata Majed Abu Hamzah. 52, ayah tujuh anak, dari Kota Gaza.

“Kami telah dibantai selama lebih dari enam bulan dan tidak ada yang berani melakukan apa pun. Sekarang Iran, setelah konsulatnya diserang, membalas Israel dan ini membawa kegembiraan di hati kami,” tambah Abu Hamzah.

Iran melancarkan serangan tersebut atas dugaan serangan Israel terhadap kompleks kedutaan besarnya di Suriah pada tanggal 1 April yang menewaskan komandan penting Garda Revolusi dan menyusul bentrokan berbulan-bulan antara Israel dan sekutu regional Iran, yang dipicu oleh perang di Gaza.

Hamas, yang terlibat perang dengan Israel di Gaza sejak 7 Oktober, membela serangan Iran, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan itu adalah “hak alami dan respons yang pantas” terhadap serangan terhadap kompleks kedutaan Iran.

Komite Perlawanan Populer Palestina (PRC), sebuah kelompok bersenjata yang memerangi Israel bersama Hamas di Gaza, mengatakan keterlibatan Iran dapat meningkatkan perjuangan Palestina, dan mengatakan bahwa bagi Israel hal itu adalah “paku terakhir di peti matinya.”

Jihad Islam, yang seperti Hamas menerima dukungan finansial dan militer dari Iran, membela serangan Iran dan mengutuk negara-negara yang dikatakan bertindak sebagai “perisai pelindung” bagi Israel.

Tidak semua orang mendukung. Sebagian warga Palestina memandang serangan itu sebagai upaya Iran semata-mata untuk menjaga martabatnya.

“Tirai yang diturunkan di teater yang menyelamatkan muka… Rakyat Palestina adalah satu-satunya yang menanggung akibatnya dengan darah dan daging mereka,” tulis Munir al-Gaghoub, seorang warga Tepi Barat yang diduduki Israel, dalam pidatonya.

Beberapa orang lain di media sosial mengatakan mereka yakin serangan itu disepakati dengan AS agar tidak menimbulkan bahaya, merujuk pada waktu yang dibutuhkan drone Iran untuk mendekati Israel, dan mengatakan bahwa hal ini memberi Israel banyak waktu untuk menembak jatuh mereka.

Sementara itu, Israel terus melancarkan serangan militernya di Jalur Gaza, menewaskan 43 warga Palestina dan melukai 62 lainnya dalam 24 jam terakhir, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut.

Dalam insiden terbaru, seorang wanita Palestina tewas dan 23 lainnya terluka ketika pasukan Israel menembaki puluhan orang yang mencoba menyeberang kembali ke wilayah utara Gaza dari selatan, kata petugas medis dan warga. Belum ada komentar langsung dari Israel mengenai kematian wanita tersebut.

KEYWORD :

Iran Israel Serangan Balasan Konflik Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :