Kamis, 16/05/2024 12:48 WIB

Dipimpin Italia, Negara Anggota G7 Upayakan Pencegahan Eskalasi Timur Tengah

Dipimpin Italia, Negara Anggota G7 Upayakan Pencegahan Eskalasi Timur Tengah

Para pemimpin G7 membahas serangan Iran terhadap Israel melalui pertemuan video di Brussels, Belgia, 14 April 2024. X via REUTERS

ROMA - Para pemimpin negara-negara G7 mengutuk serangan Iran terhadap Israel dan mengatakan pada Minggu bahwa mereka akan berupaya mencegah "eskalasi regional yang tidak terkendali" di Timur Tengah.

Italia, yang memegang jabatan presiden bergilir G7, telah mengadakan pertemuan para pemimpin G7 setelah Presiden AS Joe Biden menjanjikan tanggapan diplomatik yang terkoordinasi terhadap serangan pesawat tak berawak dan rudal yang belum pernah terjadi sebelumnya yang diluncurkan oleh Iran semalam.

“Dengan tindakannya, Iran telah melangkah lebih jauh menuju destabilisasi kawasan dan berisiko memicu eskalasi regional yang tidak terkendali. Hal ini harus dihindari,” demikian pernyataan yang dikeluarkan Italia.

Para pemimpin G7, yang berbicara kurang dari satu jam melalui konferensi video, menyerukan Iran untuk menahan diri.
“Dalam semangat ini, kami menuntut Iran dan proksinya menghentikan serangan mereka, dan kami siap mengambil tindakan lebih lanjut saat ini dan sebagai respons terhadap inisiatif destabilisasi lebih lanjut,” katanya.

Presiden Biden telah memperingatkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa AS tidak akan mengambil bagian dalam serangan balasan terhadap Iran jika Israel memutuskan untuk membalas.

Iran melancarkan serangan tersebut sebagai tanggapan atas dugaan serangan Israel terhadap konsulatnya di Suriah pada tanggal 1 April yang menewaskan komandan utama Garda Revolusi dan menyusul bentrokan berbulan-bulan antara Israel dan sekutu regional Iran, yang dipicu oleh perang di Gaza.

Pernyataan G7 juga berjanji untuk berupaya “menuju gencatan senjata segera dan berkelanjutan” di Gaza setelah lebih dari enam bulan pertempuran.

G7 beranggotakan Amerika Serikat, Kanada, Italia, Inggris, Perancis, Jerman dan Jepang, serta Uni Eropa. Para menteri luar negerinya dijadwalkan bertemu pada 17-19 April di pulau Capri, Italia.

KEYWORD :

Iran Israel Serangan Balasan Konflik Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :