Selasa, 30/04/2024 04:35 WIB

Pemberitahuan Iran Soal Serangan ke Israel Dianggap Kurangi Risiko Eskalasi

Pemberitahuan Iran Soal Serangan ke Israel Dianggap Kurangi Risiko Eskalasi

Seorang petugas polisi dan warga memeriksa sisa-sisa pendorong roket setelah Iran meluncurkan drone dan rudal ke arah Israel, dekat Arad, Israel, 14 April 2024. REUTERS

WASHINGTON - Para pejabat Turki, Yordania, dan Irak mengatakan pada Minggu bahwa Iran telah memberikan pemberitahuan luas beberapa hari sebelum serangan drone dan rudal terhadap Israel pada Sabtu agar korban massal dan eskalasi yang merajalela dapat dihindari. Namun seorang pejabat AS membantahnya.

Sebagian besar dari ratusan drone dan rudal yang diluncurkan oleh Iran sebagai serangan balasan telah dijatuhkan sebelum mencapai wilayah Israel, meskipun seorang gadis muda terluka parah dan wilayah tersebut tetap bersiap untuk eskalasi lebih lanjut.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian mengatakan pada hari Minggu bahwa Iran telah memberikan pemberitahuan 72 jam kepada negara-negara tetangga dan sekutu Israel, Amerika Serikat, bahwa mereka akan melancarkan serangan, sebuah langkah yang akan memungkinkan mereka menggagalkan serangan tersebut.

Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan pihaknya telah berbicara dengan Washington dan Teheran sebelum serangan itu, dan menambahkan bahwa pihaknya telah menyampaikan pesan sebagai perantara untuk memastikan reaksi yang diberikan proporsional.

"Iran mengatakan reaksi ini merupakan respons terhadap serangan Israel terhadap kedutaan besarnya di Damaskus dan tidak akan lebih dari itu. Kami menyadari kemungkinan yang ada. Perkembangan ini tidak mengejutkan," kata sumber diplomatik Turki.

Namun, seorang pejabat senior di pemerintahan Presiden AS Joe Biden membantah pernyataan Amirabdollahian, dengan mengatakan Washington telah melakukan kontak dengan Iran melalui perantara Swiss tetapi tidak menerima pemberitahuan 72 jam sebelumnya.

“Itu sama sekali tidak benar,” kata pejabat tersebut. “Mereka tidak memberikan pemberitahuan, juga tidak memberikan kesan ... `ini akan menjadi target, jadi evakuasi mereka.`”

Teheran mengirimkan pesan kepada Amerika Serikat hanya setelah serangan dimulai, dan tujuannya adalah untuk menjadi "sangat merusak" kata pejabat tersebut, berspekulasi bahwa Iran mengatakan pihaknya telah memberikan pemberitahuan untuk menutupi rasa malu atas kegagalan serangan tersebut.

"Kami menerima pesan dari Iran saat ini sedang berlangsung, melalui Swiss. Ini pada dasarnya menunjukkan bahwa mereka sudah selesai setelah ini, tapi serangan ini masih terus berlanjut. Jadi itulah pesan (mereka) kepada kami," pejabat AS tersebut dikatakan.

Namun, para pejabat Irak, Turki dan Yordania masing-masing mengatakan Iran telah memberikan peringatan dini mengenai serangan itu pekan lalu, termasuk beberapa rinciannya.

Serangan yang menggunakan drone, rudal jelajah, dan rudal balistik berisiko menimbulkan banyak korban jiwa dan memicu pembalasan besar-besaran dari Israel dan AS yang dapat berkembang menjadi konflik regional.

Para pejabat AS mengatakan pada hari Jumat dan Sabtu bahwa mereka memperkirakan akan terjadi serangan dalam waktu dekat dan mendesak Iran untuk tidak melakukan serangan tersebut. Biden dengan singkat mengatakan satu-satunya pesannya kepada Teheran adalah: "Jangan."

ESKALASI
Dua sumber di Irak, termasuk seorang penasihat keamanan pemerintah dan seorang pejabat keamanan, mengatakan Iran telah menggunakan saluran diplomatik untuk memberi tahu Baghdad tentang serangan itu setidaknya tiga hari sebelum serangan itu terjadi.

Waktu pasti terjadinya serangan tidak diungkapkan pada saat itu, namun telah disampaikan kepada otoritas keamanan dan militer Irak beberapa jam sebelum serangan, sehingga Baghdad dapat menutup wilayah udaranya dan menghindari kecelakaan fatal.

“Pemerintah memahami dengan jelas dari para pejabat Iran bahwa militer AS di Irak juga telah mengetahui serangan itu sebelumnya,” kata pejabat keamanan Irak.

Seorang pejabat senior Yordania mengatakan Iran telah memanggil utusan Arab di Teheran pada hari Rabu untuk memberi tahu mereka tentang niat mereka melakukan serangan, meskipun tidak disebutkan secara spesifik waktunya.

Ketika ditanya apakah Iran juga memberikan rincian mengenai target dan jenis senjata yang akan digunakan, sumber Yordania tidak menjawab secara langsung namun memberikan indikasi bahwa memang demikian.

Sumber Iran yang mengetahui mengenai masalah ini mengatakan bahwa Iran telah memberi tahu AS melalui saluran diplomatik yang mencakup Qatar, Turki dan Swiss tentang hari serangan yang dijadwalkan, dan memastikan bahwa serangan tersebut akan dilakukan dengan cara yang tidak menimbulkan respons yang memprovokasi.

Sejauh mana eskalasi dapat dihindari masih menjadi pertanyaan. Biden telah mengatakan kepada Israel bahwa Amerika Serikat tidak akan ikut serta dalam tindakan pembalasan Israel, kata pejabat AS tersebut.

Namun, Israel masih mempertimbangkan tanggapannya dan akan “menentukan dampak dari Iran dengan cara dan waktu yang tepat bagi kita”, kata Menteri Israel Benny Gantz pada hari Minggu.

KEYWORD :

Iran Israel Serangan Balasan Konflik Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :