Selasa, 30/04/2024 02:17 WIB

Amerika Mendesak untuk Meminta Pertanggungjawaban Iran di Hadapan PBB

Amerika Mendesak untuk Meminta Pertanggungjawaban Iran di Hadapan PBB

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres saat konferensi pers di Amman, Yordania 25 Maret 2024. REUTERS

PBB - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres pada Minggu memperingatkan para anggotanya agar tidak semakin meningkatkan ketegangan dengan melakukan pembalasan terhadap Iran. Sementara AS memperingatkan Dewan Keamanan bahwa mereka akan berupaya meminta pertanggungjawaban Teheran di hadapan PBB.

Guterres, ketika berbicara pada pertemuan Dewan Keamanan PBB, mengatakan kepada negara-negara anggota bahwa piagam PBB melarang penggunaan kekuatan terhadap integritas teritorial atau kemerdekaan politik negara mana pun karena ia juga mengutuk serangan Iran terhadap Israel.

Iran meluncurkan segerombolan drone yang dapat meledak dan menembakkan rudal pada hari Sabtu dalam serangan langsung pertamanya terhadap wilayah Israel, yang berisiko meningkatkan eskalasi besar-besaran.

Serangan tersebut merupakan respons terhadap dugaan serangan Israel terhadap kompleks kedutaan Iran di Suriah pada tanggal 1 April yang menewaskan komandan penting Garda Revolusi dan menyusul bentrokan berbulan-bulan antara Israel dan sekutu regional Iran, yang dipicu oleh perang di Gaza.

"Timur Tengah berada di ambang kehancuran. Masyarakat di kawasan ini sedang menghadapi bahaya nyata berupa konflik berskala penuh yang menghancurkan. Sekaranglah waktunya untuk meredakan ketegangan dan meredakan ketegangan," kata Guterres pada pertemuan tersebut, yang diadakan setelah serangan Iran.

Robert Wood, wakil duta besar Amerika untuk PBB, meminta badan yang beranggotakan 15 negara itu untuk secara tegas mengutuk serangan Iran, seraya mengatakan bahwa Dewan Keamanan memiliki kewajiban untuk tidak membiarkan tindakan Iran tidak dibalas.

“Dalam beberapa hari mendatang, dan melalui konsultasi dengan negara-negara anggota lainnya, Amerika Serikat akan menjajaki langkah-langkah tambahan untuk meminta pertanggungjawaban Iran di PBB,” katanya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

“Biar saya perjelas: Jika Iran atau proksinya mengambil tindakan terhadap Amerika Serikat atau mengambil tindakan lebih lanjut terhadap Israel, Iran akan bertanggung jawab,” katanya.

Duta Besar Iran untuk PBB, Amir Saeid Iravani, mengatakan tindakan negaranya perlu dan proporsional, dan ia mengatakan meskipun Teheran tidak ingin melakukan eskalasi atau perang di kawasan dan tidak berniat terlibat konflik dengan AS, Teheran menegaskan kembali haknya untuk membela diri.

“Jika AS memulai operasi militer terhadap Iran, warga negaranya, atau keamanan dan kepentingannya, Iran akan menggunakan hak bawaannya untuk merespons secara proporsional,” katanya.

Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan, menuduh Iran melanggar hukum internasional pada pertemuan tersebut dan memutar video di tablet yang menurutnya menunjukkan intersepsi Israel terhadap drone Iran di atas kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, salah satu situs paling suci umat Islam.

“Di sini, Anda dapat melihatnya,” dia menunjuk dengan tablet dan memberitahu duta besar Iran, yang juga duduk di ruang Dewan Keamanan.

Erdan meminta Dewan Keamanan untuk mengutuk Iran, menerapkan kembali sanksi, dan menetapkan Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teror.

"Tombol tunda tidak lagi menjadi pilihan. Satu-satunya pilihan adalah mengutuk Iran dan menggunakan segala cara yang diperlukan untuk membuat mereka membayar harga yang mahal atas kejahatan mengerikan yang mereka lakukan," kata Erdan pada pertemuan tersebut, yang ia minta pada hari Sabtu.

KEYWORD :

Iran Israel Serangan Balasan Konflik Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :