Jum'at, 10/05/2024 19:13 WIB

Meksiko Tangguhkan Hubungan dengan Ekuador setelah Penangkapan Mantan Wapres

Meksiko Tangguhkan Hubungan dengan Ekuador setelah Penangkapan Mantan Wapres

Polisi dan pejabat militer berjaga-jaga di luar kedutaan Meksiko di Quito, Ekuador 5 April 2024. Reuters

MEXICO CITY - Otoritas Ekuador menangkap mantan Wakil Presiden Jorge Glas pada Jumat malam, merebutnya dari kedutaan Meksiko dan mendorong Meksiko untuk menangguhkan hubungan bilateral.

Glas, yang dihukum dua kali karena korupsi, telah bersembunyi di kedutaan di Quito sejak mencari suaka politik pada bulan Desember, permintaan yang diberikan Meksiko sebelumnya pada hari Jumat.

Polisi dengan paksa memasuki kedutaan Meksiko di Quito sebelum melakukan penangkapan, kata Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador yang diposting di X.

Kantor Presiden Ekuador mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah menangkap GLAS, yang merupakan wakil presiden di bawah pemerintahan kiri Rafael Correa antara 2013 dan 2017.

Ada kehadiran militer yang berat di Pengadilan Hakim di ibukota Andean, tempat mantan wakil presiden diambil.

Penangkapan itu terjadi seminggu dengan meningkatnya ketegangan antara Meksiko dan Ekuador, yang pada hari Kamis menyatakan duta besar Meksiko di Quito Persona non grata, mengutip komentar "malang" dari Presiden Kiri Lopez Obrador.

Ekuador berpendapat bahwa tawaran suaka Meksiko adalah ilegal.
Dalam sebuah pernyataan, kepresidenan Ekuador menuduh Meksiko "telah menyalahgunakan kekebalan dan hak istimewa yang diberikan kepada misi diplomatik yang menampung mantan wakil presiden, dan memberikan suaka diplomatik yang bertentangan dengan kerangka hukum konvensional."

Lopez Obrador mengatakan dia telah menginstruksikan Menteri Luar Negeri Meksiko Alicia Barcena untuk menangguhkan hubungan diplomatik dengan Ekuador, menyebut penangkapan itu sebagai tindakan "otoriter" dan pelanggaran hukum internasional dan kedaulatan Meksiko.

Barcena mengumumkan penangguhan "langsung" dari hubungan diplomatik dengan negara Amerika Selatan tak lama setelah itu di X.

Pihak berwenang Ekuador telah meminta izin dari Meksiko untuk memasuki kedutaan dan menangkap Glas, yang dijatuhi hukuman enam tahun penjara pada 2017 setelah ia dinyatakan bersalah menerima suap dari perusahaan konstruksi Brasil Odebrecht dengan imbalan memberikan kontrak pemerintah TI.

Glas, yang memiliki penangkapan pencegahan menjamin kasus korupsi lain, telah mengeluh bahwa ia sedang dianiaya karena afiliasi politiknya, yang dibantah oleh pemerintah Ekuador.

Pejabat Ekuador minggu ini marah dengan komentar Lopez Obrador tentang pemilihan berdarah negara Amerika Selatan tahun lalu, di mana seorang kandidat presiden dibunuh.

Presiden Ekuador Daniel Noboa menjabat akhir tahun lalu dan dengan cepat menghadapi konflik yang meningkat dengan geng narkoba, yang mendorongnya untuk menyatakan keadaan darurat nasional awal tahun ini, yang diperpanjang bulan lalu.

KEYWORD :

Kedutaan Meksiko Penangkapan Ekuador




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :