Selasa, 30/04/2024 00:32 WIB

The First Omen, Konspirasi Gelap Gereja di Roma Lahirkan Antikristus

The First Omen, Konspirasi Gelap Gereja di Roma Lahirkan Antikristus

The First Omen, Konspirasi Gelap Gereja di Roma Lahirkan Antikristus. (FOTO: 20TH CENTURY)

JAKARTA - The First Omen meninjau kembali franchise horor klasik, menampilkan konspirasi gelap yang menyebabkan lahirnya Antikristus.

Film ini bertujuan untuk menghubungkan peristiwa-peristiwa kembali ke film klasik tahun 1976, mengabaikan reboot tahun 2006. Namun, meskipunThe First Omenmengakui dan mengatur peristiwa sesuai dengan fitur asli tahun 70-an, hal itu juga melanggar kanon.

Ini membawa cerita ke arah yang berani dan baru yang berpotensi menciptakan entri baru dalam waralaba.

Trilogi aslinya menampilkan kebangkitan Damien Thorn muda, Antikristus dan putra Setan. Di momen pembukaan The Omen, Robert Thorn (Gregory Peck) diam-diam mengadopsi bayi misterius yang tidak diketahui asal usulnya setelah mengetahui bahwa ia dan anak istrinya lahir mati.

Namun, putra mereka sebenarnya diculik dan kemudian dibunuh, dan bayi yang diberikan kepada Robert dan Katherine (Lee Remick) Thorn menyimpan rahasia kelam dan mengerikan.

The First Omen menggambarkanperistiwa yang mengarah ke momen pembukaan fitur asli tahun 1976.

Tentang Apa `The First Omen` Itu?

Dikutip dari Collider, The First Omen mengisahkan novisiat muda Amerika, Margaret Daino (Nell Tiger Free), yang melakukan perjalanan ke Roma, Italia untuk bekerja di panti asuhan sebelum mengambil jubah.

Mentor dan pengasuh lamanya adalah Kardinal Lawrence (Bill Nighy), yang membantu Margaret di masa mudanya ketika dia menderita halusinasi yang mengerikan. Namun, panti asuhan tempat Margaret bekerja menyimpan rahasia kelam.

Dia mengamati seorang gadis muda, Carlita (Nicole Sorace), yang membuat gambar-gambar yang mengganggu dan menakutkan. Selain itu, beberapa biarawati lain di gereja tersebut menunjukkan perilaku yang aneh.

Segera setelah pindah ke Roma, halusinasi Margaret yang meresahkan kembali muncul, namun apakah itu hanya khayalan Margaret belaka? Seiring berjalannya film, tampaknya sebagian besar imajinasi Margaret bisa jadi nyata. Dia tidak mempercayai peringatan sebelumnya setelah kunjungan Pastor Brennan (Ralph Ineson), seorang pendeta yang dikucilkan.

Bunuh diri mengerikan yang dilakukan seorang biarawati lainnya sudah cukup untuk memprovokasi Margaret untuk mengunjungi Pastor Brennan secara rahasia.

Pastor Brennan mengungkapkan ada sekte rahasia di dalam gereja yang berupaya melahirkan Antikristus. Sekte ini merasa terancam dengan bangkitnya sekularisme dan ketidakpercayaan di kalangan generasi muda yang semakin memberontak.

Kelompok ini menyusun konspirasi untuk menciptakan Antikristus yang ingin mereka kendalikan, dengan harapan mereka dapat menakut-nakuti umat manusia agar mencari perlindungan dari Tuhan dan Gereja Katolik.

Pastor Brennan yakin komplotan rahasia di dalam Gereja berusaha menggunakan Carlita sebagai wadah untuk melahirkan Antikristus.

Gereja Katolik Bertujuan Melahirkan Antikristus

Semakin banyak kejadian aneh dan meresahkan yang terjadi, penglihatan Margaret semakin memburuk. Dalam penglihatannya, dia tampaknya dikuntit oleh kekuatan jahat dan tidak manusiawi yang menyerupai iblis atau makhluk setan.

Pada satu titik, Margaret melihat tanda binatang itu, 666, terletak di langit-langit mulut Carlita, membuktikan klaim Pastor Brennan.

Sementara teman sekamar Margaret, Suster Luz (Maria Caballero), membuka cadar dan umat paroki lainnya terganggu, Margaret menemukan ruang rahasia, memberikan bukti bahwa gereja telah melakukan eksperimen tidak manusiawi untuk melahirkan Antikristus selama bertahun-tahun, dengan banyak upaya sebelumnya yang gagal.

Komplotan rahasia di dalam gereja rupanya melakukan kontak dengan Setan, yang melahirkan banyak anak untuk menjadi ibu dari Antikristus. Menurut Pastor Brennan, Setan hanya bisa kawin dengan keturunannya sendiri hingga melahirkan Antikristus laki-laki.

Carlita adalah salah satu eksperimen sukses yang tidak mati setelah dilahirkan. Ketika Margaret mencoba melarikan diri dengan membawa arsip dan Carlita, dia dihentikan oleh biarawati dan pendeta lainnya dan dipenjarakan di "kamar buruk" panti asuhan.

Pastor Gabriel (Tawfeek Barhom), pendeta lain yang bersimpati pada perjuangan Pastor Brennan, menemukan file yang ditemukan dan disembunyikan Margaret, dan membantunya melarikan diri untuk menemukan Pastor Brennan.

Margaret memperhatikan dalam foto yang diperoleh dari Pastor Brennan bahwa tanda lahir setan pada bayi itu ada di kepalanya, tidak seperti tanda Carlita di langit-langit mulutnya.

Margaret dan Pastor Brennan kemudian mencocokkan foto yang dicuri itu dengan file aslinya. Margaret menyadari bahwa dia adalah bayi di foto tersebut, dan file tersebut berisi tentang dirinya, menjelaskan seluruh kisah hidupnya — halusinasi aneh, dan pengaruh gereja terhadap hidupnya.

Para konspirator mempersiapkan Margaret untuk menjadi ibu dari Antikristus, dan Margaret menyadari bahwa dia sudah mengandung bibit Setan.

Margaret Diungkapkan Menjadi Ibu Antikristus

Saat Pastor Brennan dan Gabriel berusaha membantu Margaret mengaborsi janinnya, mobil mereka disergap dan ditabrak oleh kendaraan lain.

Margaret meninggalkan bangkai kapal itu dengan relatif tidak terluka tetapi mulai kejang, muntah cairan, dan perutnya membuncit saat dia tiba-tiba tampak hamil sepenuhnya dan akan melahirkan.

Para konspirator mengembalikan Margaret ke panti asuhan untuk mengawasi kelahirannya, dengan Kardinal Lawrence mengungkapkan perannya dalam konspirasi untuk menjadikan Margaret sebagai ibu dari Antikristus.

Para konspirator lainnya menyaksikan Margaret yang putus asa meminta bantuan, melahirkan inkarnasi jahat.

Margaret melahirkan anak kembar: laki-laki dan perempuan. Dia meminta untuk menggendong anak laki-laki, Antikristus, yang diizinkan oleh Kardinal Lawrence.

Margaret menikam Kardinal Lawrence di leher, membunuhnya, dan mengancam akan menikam bayi tersebut sampai mati, namun dia ragu-ragu saat mengamati tangisan bayi laki-laki tersebut.

Jeda tersebut cukup bagi Suster Luz dan Suster Silva (Sonia Braga) untuk mengambil anak tersebut, dan Luz menikam Margaret.

Mereka meninggalkan panti asuhan, membakarnya, tapi Margaret dan bayi perempuan diselamatkan oleh Carlita. Saat mereka pergi, Margaret mengamati makhluk tidak suci, iblis mirip serigala yang binasa dalam kobaran api — iblis Setan yang menghamili Margaret.

Bagaimana `The First Omen` Terhubung dengan Film Aslinya?

Pada epilog pertama, seseorang yang mirip Pastor Spiletto dari film aslinya diberikan file dan foto Robert Thorn dari film aslinya. Gereja Katolik telah memilih Thorn untuk menjadi orang tua Antikristus yang makmur untuk memberinya kekuasaan, kekayaan, dan status, karena Antikristus yang dinubuatkan akan "bangkit dari lautan abadi", atau "lautan politik" seperti yang diteorikan di bagian pertama film.

Urutannya kemudian menggambarkan para konspirator yang menculik putra kandung Thorn, yang menurut Spiletto di film pertama telah lahir mati. Para konspirator kemudian membunuh putra Robert Thorn di luar layar, dan Antikristus dibawa ke rumah sakit untuk diberikan kepada Thorn, yang secara langsung mengarah ke peristiwa fitur klasik tahun 1976.

Beberapa waktu kemudian, Margaret, Carlita, dan putri Margaret telah pulih sepenuhnya. Mereka melarikan diri dari Roma dan hidup terpencil di kabin musim dingin yang terpencil.

Namun, mereka akhirnya dikunjungi oleh Pastor Brennan, yang selamat dari kecelakaan mobil sebelumnya. Margaret menodongkannya senjata, takut Brennan bermaksud menyakiti mereka.

Dia mengklaim Gereja Katolik mengetahui dia dan anak lainnya masih hidup dan akan mengejar mereka.

Margaret meminta Brennan meninggalkan rumahnya dan saat dia pergi, Brennan mengungkapkan bahwa Antikristus laki-laki telah diberi nama — "Damien!" Beri tanda pada kredit akhir dan tema ikonik "Ave SATAni" karya Jerry Goldsmith dari film aslinya.

`The First Omen` Membuat Perubahan pada Pengetahuan Waralaba Omen

Sementara The First Omen berupaya menghubungkan peristiwa-peristiwa dari prekuelnya ke film tahun 1976, terdapat banyak inkonsistensi dan kontradiksi dengan film aslinya, yang sepenuhnya menulis ulang asal muasal Damien Thorn.

Dalam film tahun 1976 dan sekuel selanjutnya, terungkap bahwa Damien lahir dari seekor serigala betina dan ayah dari Setan, itulah sebabnya Damien berbagi darah serigala di Damien: Omen II.

The First Omen mengubah asal usul itu, sehingga Margaret menjadi ibu kandung Damien. Ada kemungkinan bahwa makhluk serigala, yang diyakini sebagai ibu Damien, adalah ayah iblisnya, menjelaskan bangkai yang ditemukan di film pertama.

Mungkin makhluk yang dilihat Margaret terbakar di dalam gereja adalah makhluk yang ditemukan di kuburan yang ditandai sebagai "Maria Scianna" dalam film aslinya, dan garis keturunan ibu dan ayah Damien dalam film aslinya adalah sebuah kesalahan.

Konspirasi yang melibatkan kelahiran Damien juga diubah. Dalam trilogi film aslinya, orang-orang yang ingin melahirkan dan menaikkan Damien setia kepada Setan dan ingin mewujudkan Armageddon. Pengasuh yang setia, Ny. Blaylock (Billie Whitelaw), diturunkan menjadi pemuja Setan dan murtad ke Neraka.

The First Omen mengubah elemen ini dengan membuat para konspirator menjadi sangat fanatik Katolik yang taat, yang ingin melahirkan Antikristus yang dapat mereka kendalikan, menciptakan monster yang ditakuti umat manusia dan mendorong mereka kembali ke agama.

Latar belakang Pastor Brennan juga telah diubah. Dalam film aslinya, Brennan (Patrick Troughton) memiliki tanda lahir Setan, urutan angka enam, menunjukkan bahwa Brennan kemungkinan besar adalah anggota kultus dan konspirasi Setan yang mencari pengampunan dan penebusan dengan mengungkapkan asal usul Damien kepada Robert Thorn.

Akankah Ada Lebih Banyak Film The First Omen?

Terlepas dari pokok bahasannya yang gelap, mengganggu, dan secara keseluruhan tidak menyenangkan, The First Omen berakhir dengan protagonis utama, Margaret, yang selamat dari cobaan beratnya, bersama dengan bayi perempuannya dan Carlita.

Kelangsungan hidup Margaret dan putrinya, yang juga merupakan anak dari entitas setan, berpotensi membuat franchise ini terbuka untuk angsuran di masa depan. Akankah Margaret berusaha menjadi sekutu Pastor Brennan dan anggota gereja yang lebih saleh yang ingin mengungkap konspirasi untuk mencegah kebangkitan Damien?

Berbicara kepada ComicBook.com, sutradara Arkasha Stevenson terbuka terhadap gagasan untuk membuat lebih banyak film dan menjawab pertanyaan yang muncul dari prekuel baru tersebut, dengan menyatakan, "Saya merasa seperti, saya dapat terus kembali ke masa lalu dan mempelajari bagaimana konspirasi dimulai, dari mana serigala itu berasal. Sangat menyenangkan untuk berpikir dalam dua arah temporal."

Kisah The Omen dan Damien mungkin masih berlanjut. (*)

 

KEYWORD :

Seputar Film The First Omen Damien Antikristus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :