Kamis, 09/05/2024 05:12 WIB

Senjakala Sepatu Emas La Liga di Kaki Ronaldo-Messi

Rivalitas panas antara Messi dan Cristiano Ronaldo yang mulai membela Real Madrid pada 2009, menghiasi perebutan Ballon d`Or hingga 2019.

Mantan penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (Foto: Doknet)

Jakarta, Jurnas.com - Lionel Messi menandai era keemasan La Liga di pentas perebutan Ballon d`Or pada 2009 lalu. Penyerang Barcelona itu menobatkan dirinya sebagai pesepak bola terbaik seantero planet untuk kali pertama.

Sejak itu, selama sebelas musim berikutnya, Sepatu Emas bak tak pernah meninggalkan Spanyol. Rivalitas panas antara Messi dan Cristiano Ronaldo yang mulai membela Real Madrid pada 2009, menghiasi perebutan Ballon d`Or hingga 2019.

Selama periode ini, Messi mengoleksi enam kali trofi Sepatu Emas. Sementara itu, bintang Portugal meraih enam kali penghargaan Ballon d`Or. Pernah satu kali persaingan Ronaldo-Messi disela, ketika gelandang Real Madrid, Luka Modric, menang pada 2018. Sekali lagi, itupun masih Spanyol.

Sayangnya, prestasi ini tampaknya kian meredup. Pasca Ronaldo pindah ke Juventus pada 2018 dan Messi memilih Paris Saint-Germain (PSG) tiga tahun kemudian, La Liga tak pernah lagi kedatangan Sepatu Emas. Termasuk tahun ini.

Menurut laporan Diario AS pada Jumat (5/4), perebutan Ballon d`Or tahun ini sekali lagi tanpa pesepak bola La Liga. Penyerang Bayern Munich, Harry Kane, memilih pertarungan dengan akumulasi 62 poin. Pencetak 31 gol itu melampaui Kylian Mbappe (48 poin), Guirassy (46 poin), dan Lautaro Martinez (46 poin).

Nama-nama selanjutnya juga tak satupun berasal dari kasta teratas Spanyol, yakni Akor Adams (36,5 poin), Erling Haaland (36 poin), Pavlidis (36 poin), Pellegrino (36 poin), dan Denkey (34,5 poin).

La Liga hanya menyumbang nama untuk kategori pencetak gol terbaik, yakni Jude Bellingham dan Artem Dovbyk yang sama-sama mencetak 16 gol, dilanjutkan dengan Borja Mayoral dan Ante Budimir dengan torehan 15 gol.

Akhirnya, nominasi Ballon d`Or yang tak menampilkan satupun pemain La Liga musim menjadi sesuatu yang ganjil, atau setidaknya belum pernah terjadi sejak Thierry Henry menjadi raja gol pada 2004 silam.

KEYWORD :

Ballon d`Or Sepatu Emas Cristiano Ronaldo Lionel Messi La Liga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :