Minggu, 28/04/2024 07:23 WIB

Terinspirasi Kisah Hanoman, Dev Patel Bikin Film Monkey Man

Terinspirasi Kisah Hanoman, Dev Patel Bikin Film Monkey Man 

Monkey Man yang diperankan dan disutradarai Dev Patel. (FOTO: UNIVERSAL PICTURES)

JAKARTA - Terinspirasi dari kisah Hanoman, sosok manusia kera di dunia pewayangan, Dev Patel Bikin Film Monkey Man.

Hanoman yang disebut juga Anoman, merupakan salah satu dewa dalam kepercayaan agama Hindu. Hanoman merupakan tokoh protagonis dalam kisah Ramayana yang terkenal. Tokoh Hanoman merupakan seekor kera putih yang berwujud manusia, putra dari Batara Bayu dan Dewi Anjani.

Dev Patel adalah salah satu aktor paling serba bisa yang bekerja saat ini.

Setelah mendapatkan terobosan besar dalam drama pemenang Oscar Slumdog Millionaire, ia telah membangun filmografi yang kuat dari drama kehidupan nyata seperti Lion dan Hotel Mumbai, hingga karya-karya periode seperti The Personal History of David Copperfield, epik fantasi The Green Knight dan komedi ringan The Best Exotic Marigold Hotel dan sekuelnya.

Sekarang, Dev Patel sedang menempuh jalur bintang aksi keren dengan debut penyutradaraannya Monkey Man, sebuah film aksi brutal dan berdarah dengan rating R yang keras.

Sudah cukup lama sejak film tersebut pertama kali diumumkan pada tahun 2018, dan sekarang, entah dari mana, film tersebut hampir tiba, dan akan hadir lebih cepat dari yang diperkirakan.

Inilah semua yang kita ketahui tentang Monkey Man karya Dev Patel.

Apakah `Monkey Man` Punya Tanggal Rilis?

Ya, Monkey Man rencananya akan dirilis oleh Universal Pictures pada 5 April 2024. Film ini akan dibuka dengan prekuel horor The First Omen dari 20th Century Studios milik Disney.

Film ini tayang perdana di dunia pada 11 Maret 2024, di South by Southwest di Austin, Texas.

Monkey Man bergabung dengan jajaran film mengesankan di festival tersebut yang juga mencakup The Fall Guy, Road House, The Idea of You, dan Y2K.

Akankah `Monkey Man` Tayang di Bioskop?

Ya, Monkey Man akan menikmati rilis teatrikal eksklusif.

Pada tahun 2021 lalu, diumumkan bahwa Monkey Man telah diakuisisi oleh Netflix, tetapi sejak itu kabar tentang film tersebut tidak terdengar lagi.

Itu terjadi hingga akhir Januari 2024, ketika Universal Pictures dan Monkeypaw Productions dari Jordan Peele merilis trailer resminya secara online, mengumumkan bahwa film tersebut akan dirilis di bioskop.

Peele diperlihatkan film tersebut lebih awal dan sangat terkesan sehingga dia yakin film tersebut layak untuk dirilis di bioskop.

Monkey Man kemungkinan besar akan tersedia untuk streaming di Peacock setelah rilis teatrikalnya, tetapi belum ada konfirmasi hingga saat ini.

Ada kemungkinan kecil bahwa kesepakatan dapat dicapai untuk memungkinkan film tersebut ditayangkan secara eksklusif di Netflix.

Meskipun belum ada yang dikonfirmasi dan ini murni spekulasi, ini bukan pertama kalinya Universal bermitra dengan salah satu pesaing layanan streaming mereka, seperti yang terlihat pada Argylle , yang akan segera streaming di Apple TV+.

Apakah Ada Trailer `Monkey Man`?

Universal Pictures merilis trailer resmi untuk Monkey Man pada 26 Januari 2024. Ditetapkan ke "Beware Of The Boys (Mundian To Bach)" oleh Panjabi dan Jay-Z , penayangan pertama film tersebut berdurasi lebih dari tiga menit dan menggoda kebrutalan film tersebut. Kekerasan saat tokoh utama memulai jalur balas dendam berdarah.

Universal merilis trailer kedua untuk Monkey Man pada tanggal 21 Maret.

Trailer tersebut memperdagangkan lagu Panjabi dan Jay-Z yang menyertai trailer pertama dengan "In the Air Tonight" karya Phil Collins.

Pratinjau tersebut juga menyertakan beberapa kutipan dari kritikus yang memuji film tersebut.

Universal merilis tempat berdurasi 30 detik untuk Monkey Man selama Super Bowl LVIII pada 11 Februari 2024.

Pratinjau tersebut menampilkan karakter Dev Patel menaiki lift sementara sulih suara menyatakan "Satu bara api kecil dapat membakar segalanya."

Apa Plot `Monkey Man`?

Sinopsis resmi Monkey Man berbunyi:

Peraih nominasi Oscar® Dev Patel (Lion, Slumdog Millionaire) mencapai debut penyutradaraan tur-de-force yang menakjubkan dengan film thriller aksi tentang upaya seorang pria untuk membalas dendam terhadap para pemimpin korup yang membunuh ibunya dan terus menjadikan masyarakat miskin dan tidak berdaya sebagai korban secara sistematis. Terinspirasi oleh legenda Hanoman, sebuah ikon yang melambangkan kekuatan dan keberanian, Monkey Man dibintangi oleh Dev Patel sebagai Kid, seorang pemuda anonim yang mencari nafkah di sebuah klub pertarungan bawah tanah di mana, malam demi malam, dengan mengenakan topeng gorila, dia dipukuli hingga berdarah oleh pejuang yang lebih populer demi uang.

Setelah bertahun-tahun menahan amarah, Kid menemukan cara untuk menyusup ke kantong elit kota yang jahat. Ketika trauma masa kecilnya memuncak, tangannya yang terluka secara misterius melancarkan kampanye pembalasan yang eksplosif untuk menyelesaikan masalah dengan orang-orang yang mengambil segalanya darinya.

Monkey Man sebelumnya telah dideskripsikan sebagai "John Wick di Mumbai" dan sepertinya ia akan sesuai dengan perbandingan tersebut, sambil juga menambahkan beberapa bangunan dunianya sendiri, yang terinspirasi oleh legenda Hanuman, ikon India yang melambangkan kekuatan dan keberanian.

Siapa yang Membintangi `Monkey Man`?

Seperti disebutkan sebelumnya, Dev Patel membintangi Monkey Man sebagai Kid, seorang pria misterius yang bekerja di klub pertarungan bawah tanah, yang akhirnya membalas dendam pada orang-orang yang mengambil segalanya darinya ketika dia masih kecil.

Dev Patel menjadi terkenal ketika ia memainkan peran utama Jamal dalam film pemenang Film Terbaik Slumdog Millionaire.

Kariernya mencapai tingkat yang lebih tinggi ketika, pada tahun 2017, ia dinominasikan pada Academy Award untuk Penampilan Terbaik oleh Aktor Pemeran Pendukung untuk perannya sebagai Saroo Brierley di Lion.

Dev Patel juga pernah bekerja dengan pembuat film seperti Danny Boyle, David Lowery, Garth Davis, Wes Anderson, M. Night Shyamalan, Neil Blomkamp, John Carney, dan Armando Iannucci.

Beberapa mantan rekan main Dev Patel juga akan bergabung dengannya di layar, termasuk Sharlto Copley dari Chappie sebagai Tiger, dan Vipin Sharma dan Adithi Kalkunte dari Hotel Mumbai sebagai Alpha dan Neela.

Pemeran lainnya termasuk Sobhita Dhulipala (Made in Heaven) sebagai Sita, Pitobash (Million Dollar Arm) sebagai Alphonso, Ashwini Kalsekar (Ek Tha Hero) sebagai Queenie, Sikandar Kher (Aarya) sebagai Rana, dan Makarand Deshpande ( RRR ) sebagai Baba Shakti.

Siapa yang Membuat `Monkey Man`?

Selain membintangi peran utama, Dev Patel ikut menulis, menyutradarai, dan memproduseri Monkey Man.

Film aksi ini menandai debut penyutradaraannya, setelah sebelumnya menyutradarai dua film pendek: Home Shopper pada tahun 2018 dan Roborovski pada tahun 2021.

Dev Patel juga sebelumnya bekerja sebagai produser eksekutif di film Hotel Mumbai, Companion, dan film dokumenter To Kill a Tiger yang baru-baru ini menerima nominasi Academy Award untuk Fitur Dokumenter Terbaik.

Satu-satunya film layar lebar lainnya yang dikreditkan Patel sebagai produsernya adalah film thriller tahun 2018 The Wedding Guest.

Dev Patel ikut menulis naskah bersama Paul Angunawela dan John Collee dari Hotel Mumbai.

Produser film bersama Dev Patel adalah pemenang Academy Award Jordan Peele, Jomon Thomas (Hotel Mumbai), Win Rosenfeld (Candyman), Ian Cooper (Us), Basil Iwanyk (John Wick), Erica Lee (John Wick: Chapter 4), Christine Haebler (Bones of Crows), dan Anjay Nagpal (The Green Knight).

Produser eksekutif film ini adalah Jonathan Fuhrman, Natalya Pavchinskya, Aaron L. Gilbert, Andria Spring, Alison-Jane Roney, dan Steven Thibault Sharone Meir (Whiplash) menyediakan sinematografi film tersebut, dan Kasra Rassoulzadegan (The Royal Hotel), Tim Murrell (21 Bridges), dan Chris Gill (American Animals) berperan sebagai editor film tersebut.

Berapa Rate `Monkey Man`?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui dari trailernya, Monkey Man diberi rating R. Film ini mendapat rating untuk "kekerasan berdarah yang kuat, keseluruhan bahasa, konten seksual/ketelanjangan, dan penggunaan narkoba."

Berikut trailer Monkey Man yang dibintangi dan disutradarai Dev Patel:


(*)

KEYWORD :

Seputar Film Monkey Man Dev Patel Hanoman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :