Minggu, 28/04/2024 05:43 WIB

Menaker Harap Negara OKI Antisipasi Tantangan Future of Work

Menurut Menaker Hanif, pergeseran akibat kemajuan teknologi ini, di satu sisi menimbulkan hilangnya jenis-jenis pekerjaan tertentu. Namun di sisi lain justru telah menciptakan peluang-peluang pekerjaan

Hanif Dhakiri dalam pertemuan Komite Pengarah yang ke-2 Konferensi Tingkat Menteri Tenaga Kerja Organisasi Kerjasama Islam (OKI)

Jakarta—Menaker Hanif Dakhiri berharap negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) berpartisipasi aktif dalam bertukar pandangan dan pikiran terkait konsep dan praktek nilai-nilai Islam dalam ketenagakerjaan. Sebab kompleksitas dari tantangan ketenagakerjaan saat ini, bukan saja dihadapi oleh negara-negara anggota OKI, melainkan secara global.

“Penting bagi OKI untuk secara dini mengantisipasi tantangan dari future of work ini, agar dapat mengambil manfaat yang maksimal dari kemajuan teknologi terhadap dunia kerja, “ ujar Menaker dalam pertemuan Komite Pengarah yang ke-2 Konferensi Tingkat Menteri Tenaga Kerja Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Jakarta, Indonesia, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (10/4).

Menaker Hanif menjelaskan dunia ketenagakerjaan telah mengalami pergeseran dalam pola kerja, termasuk hubungan kerja, sebagai akibat dari kemajuan teknologi yang sangat pesat. Kemajuan teknologi merupakan keniscayaan yang tidak bisa kita elakkan. “Hal ini merupakan konsekuensi logis dari kemajuan peradaban dan cara berpikir manusia modern yang sudah tentu mewarnai dunia kerja di masa mendatang atau future of work, “ katanya.

Menurut Menaker Hanif, pergeseran akibat kemajuan teknologi ini, di satu sisi menimbulkan hilangnya jenis-jenis pekerjaan tertentu. Namun di sisi lain justru telah menciptakan peluang-peluang pekerjaan yang baru. Tantangan lain yang tak kalah penting adalah masih tingginya angka pengangguran, khususnya pengangguran di kalangan usia muda. Ketidakmampuan pasar kerja menyerap tenaga kerja, selain disebabkan karena keterbatasan kesempatan kerja yang tersedia, juga dikarenakan ketidaksesuaian atau mismatch antara keterampilan yang dimiliki oleh tenaga kerja dengan kebutuhan di pasar kerja.

Menaker menegaskan sejalan dengan tantangan future of work itu, Pemerintah Indonesia menaruh perhatian serius pada peningkatan keterampilan tenaga kerja melalui pelatihan vokasi. Berbagai inisiatif telah kami lakukan secara masif dan komprehensif untuk peningkatan mutu output dari lembaga pelatihan kerja, baik dari aspek fasilitas, kurikulum, tenaga pengajar/instruktur, hingga kelembagaannya, melalui program 3R, yaitu: Reorientasi, Revitalisasi dan Rebranding.

Melalui program tersebut, lanjut Menaker Hanif, diharapkan pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) dapat memiliki kesesuaian atau link and match dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja yang kian dinamis, sehingga lulusannya cepat terserap, bekerja atau berwirausaha.

Lebih jauh kata Menaker, Pemerintah Indonesia juga terus mendorong partisipasi aktif dari kalangan swasta dan pemerintah daerah untuk berinventasi dan bekerja sama dalam mengembangkan pelatihan kerja yang dilakukan oleh BLK-BLK yang terdapat di seluruh Indonesia.

“Selain itu, kami juga menjalin kerjasama internasional, baik secara bilateral, regional maupun multilateral dalam upaya pengembangan pelatihan vokasi“ ujarnya.


Menaker Hanif mengatakan sebagai akibat dari kebebasan arus barang dan jasa secara global, kondisi pasar kerja saat ini telah menjadi semakin kompetitif. Tingginya kompetisi tenaga kerja di pasar kerja, menuntut masing-masing negara untuk dap6at menyiapkan tenaga kerjanya agar mampu bersaing apabila negara tesebut tidak ingin angka penganggurannya menjadi semakin tinggi.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :