Sabtu, 04/05/2024 23:26 WIB

WHO Sebut Malnutrisi Anak Lebih Ekstrim di Gaza Utara Dibanding Selatan

WHO Sebut Malnutrisi Anak Lebih Ekstrim di Gaza Utara Dibanding Selatan

Anak-anak terlihat saat warga Palestina melarikan diri dari Gaza utara, di Jalur Gaza tengah, 9 November 2023. Foto: REUTERS

JENEWA - Organisasi-organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa mengatakan bahwa tingkat kekurangan gizi anak di Gaza utara "sangat ekstrim" dan sekitar tiga kali lebih tinggi dibandingkan di selatan wilayah kantong Palestina di mana lebih banyak bantuan tersedia.

Richard Peeperkorn, perwakilan WHO untuk Gaza dan Tepi Barat, mengatakan satu dari enam anak di bawah usia dua tahun mengalami kekurangan gizi akut di Gaza utara.

"Ini terjadi pada bulan Januari. Jadi situasinya mungkin akan lebih buruk hari ini," tambah Peeperkorn, merujuk pada saat data tersebut dicatat.

Juru bicara UNICEF James Elder mengatakan tingkat kekurangan gizi pada anak-anak balita di Gaza utara, di mana akses terhadap bantuan sangat terbatas sejak dimulainya perang antara Israel dan Hamas pada 7 Oktober, tiga kali lebih tinggi dibandingkan di Rafah di selatan.

Elder mengatakan hal ini menunjukkan bahwa "ketika bantuan itu masuk, hal ini akan membawa perbedaan dalam menyelamatkan nyawa."

Setidaknya 15 anak telah meninggal selama beberapa hari terakhir karena kekurangan gizi dan dehidrasi di rumah sakit Kamal Adwan di Gaza utara, kata kementerian kesehatan di Gaza pada hari Minggu.

Seruan agar Israel berbuat lebih banyak untuk mengatasi krisis kemanusiaan semakin keras sejak kematian warga Palestina yang mengantre bantuan di Gaza bulan lalu.

Otoritas kesehatan Gaza mengatakan 118 orang tewas, menghubungkan kematian tersebut dengan tembakan Israel dan menyebutnya sebagai pembantaian. Israel, yang mengatakan banyak orang terinjak atau terlindas, telah berjanji untuk menyelidikinya.

Menambah kelaparan, ada peningkatan risiko penyakit menular, dengan sembilan dari 10 anak di bawah usia lima tahun – sekitar 220.000 – jatuh sakit selama beberapa minggu terakhir, menurut Elder.

“Hal ini menjadi spiral yang sangat kita takuti: penyakit menular, kekurangan makanan, kekurangan air bersih dan pemboman yang terus berlanjut dan masih ada diskusi mengenai serangan terhadap Rafah, yang merupakan kota anak-anak,” kata Elder kepada wartawan di Jenewa, mengacu pada tujuan Israel untuk membasmi batalion Hamas yang dikatakannya bersembunyi di sana.

“Rafah memiliki sekitar tiga perempat juta anak yang tinggal di sana,” kata Elder.

Israel bulan lalu mengintensifkan pemboman di Rafah, yang diperkirakan menampung sekitar 1,5 juta orang, sebagian besar dari mereka meninggalkan rumah mereka di wilayah utara untuk menghindari serangan militer Israel.

Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB mengatakan bahwa seperempat populasi – 576.000 orang – berada satu langkah menuju kelaparan, hampir lima bulan setelah serangan Israel di Gaza dimulai.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Kurang Gizi Akut




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :