Kamis, 09/05/2024 17:08 WIB

PM Polandia Sebut Partai Republik AS Seharusnya Malu Tidak Dukung Bantuan Ukraina

PM Polandia Sebut Partai Republik AS Seharusnya Malu Tidak Dukung Bantuan Ukraina

Perdana Menteri Polandia Donald Tusk menghadiri KTT Uni Eropa di Brussels, Belgia 1 Februari 2024. Foto: Reuters

WARSAWA - Perdana Menteri Polandia Donald Tusk mengatakan bahwa senator Partai Republik di Amerika Serikat seharusnya malu karena memblokir paket bantuan senilai $60 miliar untuk Ukraina, dan mengatakan bahwa mantan Presiden AS Ronald Reagan akan "berbalik dalam kuburnya".

Partai Republik di Senat AS pada hari Rabu menggagalkan upaya bipartisan untuk meningkatkan keamanan perbatasan yang memerlukan waktu berbulan-bulan untuk bernegosiasi, namun mengatakan mereka masih bisa menyetujui bantuan untuk Ukraina, dan Israel, yang telah terikat dalam kesepakatan tersebut.

"Senator Amerika yang terhormat dari Partai Republik. Ronald Reagan, yang membantu jutaan dari kita untuk memenangkan kembali kebebasan dan kemerdekaan kita, harus menyerahkan diri dalam kuburnya hari ini," tulis Tusk di platform media sosial X. "Anda memalukan."

Polandia telah menjadi salah satu sekutu paling setia Ukraina sejak Rusia menginvasi negara itu pada tahun 2022.

Ronald Reagan, seorang Republikan, adalah presiden Amerika Serikat ke-40, memegang jabatan tersebut dari tahun 1981 hingga 1989. Ia dikenal karena mengambil sikap keras terhadap Uni Soviet, yang ia sebut sebagai "kerajaan jahat".

Partai Republik di AS selama berbulan-bulan bersikeras bahwa bantuan tambahan AS ke Ukraina, dan Israel, juga harus mengatasi tingginya jumlah migran yang tiba di perbatasan AS-Meksiko – yang menjadi perhatian utama para pemilih.

Donald Trump, yang merupakan kandidat terdepan dalam nominasi calon presiden dari Partai Republik, mengatakan ia akan meminta sekutu-sekutunya di Eropa untuk mengganti Amerika Serikat atas amunisi senilai sekitar $200 miliar yang dikirim ke Ukraina.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa dana AS untuk Kyiv dalam perangnya melawan Rusia akan habis sepenuhnya pada masa pemerintahan Trump yang kedua.

KEYWORD :

Bantuan Ukraina Polandia Kongres AS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :