Jum'at, 10/05/2024 11:15 WIB

Jelang Pemilu, Ledakan Terjadi di Dekat Kantor Kandidat Pakistan, 26 Orang Tewas

Jelang Pemilu, Ledakan Terjadi di Dekat Kantor Kandidat Pakistan, 26 Orang Tewas

Seorang pria, yang terluka dalam ledakan di Khanozai, meninggalkan rumah sakit setelah menerima perawatan di Quetta, Pakistan, 7 Februari 2024. Foto: Reuters

ISLAMABAD - Dua ledakan di dekat kantor kandidat pemilu di provinsi Balochistan, Pakistan barat daya, menewaskan 26 orang dan melukai puluhan lainnya pada Rabu, kata para pejabat, meningkatkan kekhawatiran atas keamanan menjelang pemilihan umum.

Pakistan akan pergi ke tempat pemungutan suara pada hari Kamis di tengah meningkatnya serangan militan dan dipenjaranya Imran Khan, pemenang pemilu nasional terakhir, yang mendominasi berita utama meskipun krisis ekonomi dan kesengsaraan lain mengancam negara yang mempunyai senjata nuklir.

Pihak berwenang mengatakan mereka meningkatkan keamanan di tempat pemungutan suara.

Serangan pertama yang menewaskan 14 orang terjadi di kantor calon independen dalam pemilu di distrik Pishin.

Ledakan kedua di Qilla Saifullah, dekat perbatasan Afghanistan, terjadi di dekat kantor Jamiat Ulema Islam (JUI), sebuah partai keagamaan yang sebelumnya menjadi sasaran serangan militan, menurut menteri informasi provinsi tersebut.

Wakil Komisioner Qilla Saifullah, Yasir Bazai mengatakan, 12 orang tewas dan 25 luka-luka akibat benda yang ditanam di sepeda motor yang diparkir di dekat kantor.

Belum jelas siapa yang berada di balik serangan tersebut. Beberapa kelompok, termasuk militan Islam Taliban Pakistan (TTP) dan kelompok separatis dari Balochistan, menentang negara Pakistan dan telah melakukan serangan dalam beberapa bulan terakhir.

Seorang juru bicara TTP mengklaim serangan pada hari Senin yang menewaskan 10 orang di sebuah kantor polisi di barat laut Pakistan. TTP mengatakan mereka menargetkan polisi dan pejabat keamanan dibandingkan kandidat pemilu.

Kantor luar negeri Pakistan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa perbatasan baratnya dengan Iran dan Afghanistan akan ditutup dan dibuka kembali pada hari Jumat untuk menjamin keamanan selama pemilu.

Rumah Sakit Khanzai, dekat lokasi ledakan di Pishin pada hari Rabu, menyebutkan jumlah korban tewas sebanyak 14 orang dan mengatakan lebih dari dua lusin orang terluka. Wakil komisaris distrik Pishin, Jumma Dad Khan, mengatakan ledakan itu telah melukai banyak orang.

“Saya terkejut dengan serangan teroris hari ini dan mengutuk mereka yang berupaya mencegah masyarakat memilih,” kata Komisaris Tinggi Inggris untuk Pakistan Jane Marriott.

Serangan tersebut terjadi ketika partai-partai politik menyelesaikan kampanye mereka di masa tenang yang diamanatkan oleh peraturan pemilu sehari sebelum pemilu.

Khan, dalam pesan dari penjara, sebelumnya mendesak para pendukungnya untuk menunggu di luar tempat pemungutan suara setelah memberikan suara mereka, ketika partai-partai politik saingannya mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menandai berakhirnya masa kampanye pemilu.

Setiap pertemuan besar-besaran pendukung Khan di dekat stan dapat meningkatkan ketegangan karena apa yang mereka sebut sebagai tindakan keras yang didukung militer terhadap Khan dan partainya yang membatasi kampanye. Militer membantah campur tangan dalam politik.

“Dorong sebanyak mungkin orang untuk memilih, menunggu di TPS… dan kemudian tetap tenang di luar kantor Petugas Pengembalian sampai hasil akhir diumumkan,” kata Khan di platform media sosial X, disertai dengan foto tak bertanggal yang menggambarkan dirinya. mengenakan pakaian hitam sederhana.

Partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) yang dipimpinnya juga merilis video Khan yang direkam hanya beberapa hari sebelum dia ditangkap pada bulan Agustus, menyerukan masyarakat untuk datang memilih.

Kasim Khan, putra Khan dari jurnalis Inggris Jemima Goldsmith, dalam postingan di X menyerukan masyarakat untuk memilih dengan gambar dia dan saudaranya memegang bendera PTI. Seorang pejabat PTI mengonfirmasi bahwa akun tersebut milik Kasim Khan, sebuah postingan media sosial langka dari anak-anak Imran Khan yang sebelumnya tidak terlihat oleh publik.

Calon terdepan dalam pemilu, Nawaz Sharif, memimpin unjuk rasa besar-besaran di kota timur Kasur bersama saudaranya, mantan Perdana Menteri Shehbaz Sharif, yang mencalonkan diri di daerah pemilihan tersebut.

Di tengah lautan puluhan ribu pendukung yang mengibarkan bendera partai hijau, Sharif, yang juga mantan perdana menteri, meminta generasi muda negara itu untuk mendukung partainya dan menyerang Khan yang sebelumnya telah menarik dukungan dari pemilih muda di wilayah tersebut.
"Jangan jatuh cinta padanya," kata Sharif.

Para pendukung Partai Rakyat Pakistan yang merupakan saingannya juga berkumpul di kota Larkana di bagian selatan Pakistan yang dipimpin oleh Bilawal Bhutto Zardari, yang bisa menjadi raja jika tidak ada satu partai pun yang memperoleh kursi parlemen yang cukup untuk langsung membentuk pemerintahan.

Mantan menteri luar negeri dan putra mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto yang dibunuh, mengkritik lawan-lawannya, termasuk Sharif, karena apa yang ia gambarkan sebagai tindakan yang membahayakan keamanan dan perekonomian negara selama masa jabatan mereka.

KEYWORD :

Pemilu Pakistan Mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :