Rabu, 15/05/2024 00:57 WIB

Sahroni Apresiasi Kapolri Rekrut Penyandang Disabilitas: Kesetaraan Hadir di Institusi Polri

Wakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni menyebut Kapolri memberikan aksi dan langkah nyata dalam menciptakan kesetaraan di dalam Polri.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

 

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komnas Perempuan, Andy Yentriyani mengapresiasi tindakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam mengeluarkan kebijakan inklusif untuk para penyandang disabilitas menjadi anggota polisi.

Menurutnya, langkah SSDM Polri melakukan rekrutmen Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) dan Bintara Polri Tahun Anggaran 2024 telah memberikan kesempatan kelompok disabilitas mengikuti seleksi. 

Hal senada turut diutarakan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Politikus NasDem tersebut melihat, Kapolri memberikan aksi dan langkah nyata dalam menciptakan kesetaraan di dalam Polri. Juga, memungkinkan lebih banyak putra-putri terbaik bangsa untuk ikut berkontribusi mengabdi kepada negara.

“Luar biasa, Pak Kapolri ini selalu konkret untuk ciptakan kesetaraan dan inklusifitas di tubuh institusinya. Lagi pula, dari awal kan memang kita sudah sepakat, bahwa Polri harus merekrut berdasarkan kapasitas dan integritas, bukan yang lain. Dan saya rasa, teman-teman disabilitas banyak yang memiliki dua hal tersebut. Jadi, why not? Ini akan bagus sekali,” ujar Sahroni, kepada wartawan, Jakarta, Senin (22/1).

Lebih lanjut, Sahroni ingin melihat bagaimana eksekusi dari kebijakan ini nantinya. Sebab dirinya ingin, langkah ini bukan hanya sebagai formalitas semata, melainkan para penyandang disabilitas benar-benar diberikan posisi yang strategis dan setara.

“Nah juga yang terpenting, teman-teman disabilitas harus diberikan akses terhadap posisi-posisi yang strategis. Posisi di mana mereka bisa mengeksplorasi kemampuan mereka secara setara, diberi ruang berkembang yang sama, dan tidak dibeda-bedakan dalam aspek apa pun. Sehingga, kebijakan ini diharapkan benar-benar memiliki nilai, bukan hanya sekedar formalitas dan pemenuhan kuota belaka,” tambah Sahroni.

Terakhir, Sahroni mengaku dirinya terus menunggu gebrakan demi gebrakan yang akan dilakukan oleh Kapolri ke depan. Karena menurutnya, sepanjang sejarahnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit merupakan salah satu pimpinan Polri yang paling peka terhadap isu-isu kesetaraan dan keadilan di dalam institusinya.

“Kita nantikan gebrakan-gebrakan selanjutnya dari Pak Kapolri. Kemarin kesetaraan perempuan sudah diupayakan. Sekarang pelibatan penyandang disabilitas sedang dimulai. Nah setelah ini, apa lagi? Kita tunggu sama-sama,” demikian Sahroni.

KEYWORD :

Ahmad Sahroni Komisi III DPR Sahroni Apresiasi Kapolri Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Keset




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :