Minggu, 19/05/2024 11:21 WIB

Bantah Alutsista Era Bung Karno Barang Bekas, Sekjen PDIP Tuntut Klarifikasi Prabowo

Kami harapkan Pak Prabowo dapat melakukan koreksi atas pernyataan yang tadi malam, di mana pertahanan negara itu betul-betul ditunjukkan, untuk memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia, dan itu dengan cara-cara panjang politik-geopolitik.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto membantah pernyataan Calon Presiden Nomor Urut 2, Prabowo Subianto yang menyebutkan bahwa Alutsista Indonesia di era Presiden Soekarno merupakan barang bekas.

"Pada masa Bung Karno, kita memiliki Alutsista luar biasa, mampu menjalankan misi-misi perdamaian. Dan apa yang disampaikan Pak Prabowo, bahwa alat-alat peralatan militer kita bekas, itu tidak benar," kata Hasto di Jakarta, Senin (8/1).

Dia menjelaskan, setelah merdeka, pada 1955 Indonesia sudah mampu mengadakan Konferensi Asia-Afrika dan Gerakan Nonblok. Kedekatan Bung Karno dengan sejumlah presiden membuat Indonesia mampu membeli pesawat baru.

"Kita lihat, misalnya kapal selam kelas whiskey, itu mampu membantu Pakistan saat berhadapan dengan kolonialisme Inggris," katanya.

"Karena itulah pernyataan Pak Prabowo tentang sistem pertahanan Bung Karno tidak pas, dan perlu kami luruskan," imbuh Hasto.

Dilanjutkan Hasto, Indonesia juga pernah mendapatkan pesawat C130 Hercules dari Presiden AS, John F Kennedy, serta reaktor nuklir tiga waktu. Dua barang itu merupakan produksi terbaru kala itu dan didapatkan atas kedekatan Bung Karno dan Kennedy.

"Itu juga didirikan di bawah kerja sama dengan pemerintahan Amerika Serikat pada masa Presiden Kennedy ini tidak ada yang bekas," katanya.

Hasto berharap Prabowo mengoreksi pernyataannya dan menunjukkan bukti akurat soal Alutsista negara.

"Kami harapkan Pak Prabowo dapat melakukan koreksi atas pernyataan yang tadi malam, di mana pertahanan negara itu betul-betul ditunjukkan, untuk memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia, dan itu dengan cara-cara panjang politik-geopolitik," tandasnya.

 

KEYWORD :

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Alutsista Soekarno barang bekas Prabowo debat capres




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :