Jum'at, 03/05/2024 14:52 WIB

Terjebak di Salju, Sekelompok Wisatawan Selamat Berkat Fitur SOS iPhone

Terjebak di Salju, Sekelompok Wisatawan Selamat Berkat Fitur SOS iPhone

Kelompok dari Massachusetts terdampar di salju Colorado tanpa layanan seluler apa pun. (FOTO: 4X4 RESCUE)

JAKARTA - Berkat fitur iPhone SOS, sekelompok wisatawan yang terdampar di salju berhasil diselamatkan.

Wisatawan yang terdampar di salju Colorado pada hari Natal bisa mendapatkan bantuan meskipun tidak memiliki layanan telepon seluler - berkat fitur satelit SOS iPhone mereka.

Dikutip dari People berdasarkan siaran pers dari Pusat Pengiriman Kabupaten Gilpin menerima informasi dari Pusat Relai Darurat Satelit iPhone pada pukul 18:10 pada hari Senin (25/12/2023) bahwa sebuah Toyota Tacoma terdampar di pegunungan Kabupaten Gilpin, yang terletak di sebelah barat Denver.

Pada pukul 18:50, sheriff Gilpin County menghubungi Colorado 4x4 Rescue Group and Recovery untuk mendapatkan bantuan.

Pada pukul 20.15, rombongan 4x4 Colorado diberangkatkan ke area kendaraan yang terdampar dan menemukan lokasi rombongan yang terdampar pada pukul 21.40.

Semua anggota rombongan dalam kondisi baik, selain sangat kedinginan, demikian bunyi rilis tersebut.

"Mereka seperti, `Hei, Tacoma yang terjebak. Kami tidak tahu apa yang terjadi. Kami hanya tahu bahwa orang-orang terjebak,`" petugas informasi publik Colorado 4x4 Rescue Kimi McBryde mengatakan kepada outlet lokal KMGH tentang komunikasi yang mereka terima dari kantor sheriff Tacoma.

"Jadi pro iPhone: kami tahu mereka membutuhkan bantuan. Namun, Anda belum tentu mendapatkan semua informasi," jelas McBryde.

Karena tidak ada layanan seluler di daerah tersebut dan para pelancong tidak dapat berkomunikasi dengan pihak berwenang, tim SAR “tidak yakin berapa banyak orang yang berada di luar sana” dan tidak mengetahui kondisi mereka, termasuk apakah mereka memerlukan bantuan “makanan, air, selimut, dari mana asalnya,” tambahnya.

Namun berkat SOS, para pelancong tersebut berhasil diselamatkan tiga jam setelah diberangkatkan.

Menurut situs web Apple, fitur SOS darurat melalui satelit menghubungkan pemilik iPhone "dengan layanan darurat dalam keadaan luar biasa ketika tidak ada cara lain untuk menjangkau layanan darurat yang tersedia."

Ketika layanan seluler tidak tersedia, iPhone kemudian mencoba terhubung dengan layanan darurat melalui satelit, bagi mereka yang berada di luar ruangan dengan "pandangan jelas ke langit dan cakrawala".

Fitur tersebut tersedia untuk pemilik iPhone 14, iPhone 14 Pro, iPhone 15 dan atau iPhone 15 Pro.

Colorado 4x4 Rescue and Recovery, yang membagikan kisahnya di halaman Facebook minggu ini, menggunakan peralatan yang menggabungkan perangkat komunikasi satelit dan telah beroperasi sejak 2014.

McBryde berbagi dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (28/12/2023) bahwa perubahan aksesibilitas komunikasi satelit adalah "pengubah permainan untuk menikmati alam bebas dengan aman."

"Kami sangat percaya bahwa setiap orang dapat menikmati alam terbuka dengan aman. Bukan hal yang aneh bagi kami untuk menerima permintaan bantuan melalui perangkat komunikasi satelit, namun biaya yang terkait dengan komunikasi satelit mungkin menjadi penghalang bagi orang yang membeli dan menggunakannya, sementara setiap orang memiliki ponsel telepon," kata McBryde.

“Kami sangat gembira melihat teknologi ini menjadi lebih mudah diakses oleh semua orang, dan mudah-mudahan dapat diterapkan ke perangkat telepon dan operator lain juga.” (*)

KEYWORD :

iPhone SOS wisatawan Tacoma salju




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :