Minggu, 19/05/2024 14:21 WIB

Wasit Sahkan Gol Kontroversial West Ham, Ini Penjelasannya

Wasit Sahkan Gol Kontroversial West Ham, Ini Penjelasannya

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta (Foto: Goal)

London, Jurnas.com - Arsenal mengalami kekalahan 2-0 saat bermain di depan publik sendiri dari West Ham pada Jumat (29/12) dini hari. Dua gol tim tamu dicetak oleh Tomas Soucek dan Konstantinos Mavropanos.

Perdebatan terjadi ketika West Ham mencetak gol pertama. Gol kontroversial itu berawal dari Jarrod Bowen yang mencoba memanfaatkan pantulan bola Gabriel Magalhaes, lalu memberikan umpan silang kepada Soucek.

Pemain The Gunners protes karena bola dianggap sudah terlebih dahulu meninggalkan lapangan sebelum Bowen mengoper ke Soucek. Sayangnya, video asisten wasit (VAR) memutuskan bahwa gol tersebut sah.

Mantan wasit Liga Inggris, Mark Clattenburg menjelaskan perkara tersebut. Menurut dia, tidak ada keputusan lain yang dapat diberikan oleh ofisial pertandingan, karena asisten wasit yang berada di garis gawang tidak melihat persis posisi bola di garis.

"Bila Anda melihat dengan semua bukti yang baru saja kita lihat, kita tidak bisa 100 persen yakin bahwa bola telah keluar," ujar Clattenburg dikutip dari Goal pada Jumat (29/12).

Pada dasarnya, lanjut Clattenburg, wasit membutuhkan dua titik acuan. Pertama ialah teknologi garis gawang yang dimiliki oleh Liga Inggris. Sayangnya, acuan ini tidak bekerja optimal.

"Karena acuan lain yang mereka butuhkan bola, tapi bola dihalangi oleh paha Jarrod Bowen, hal itu menghalangi peluang untuk menggunakan titik referensi tersebut," ungkap dia.

Kekalahan ini membuat Arsenal menyia-nyiakan keunggulan mereka di puncak klasemen dari Liverpool, dan The Gunners kini berada dalam jarak yang sangat dekat dengan Manchester City.

Selanjutnya, tim asuhan Arteta akan bermain melawan Fulham pada Malam Tahun Baru dengan harapan menyelesaikan tahun ini di puncak klasemen.

KEYWORD :

Gol Kontroversial Arsenal vs West Ham Liga Inggris VAR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :