Sabtu, 18/05/2024 21:13 WIB

Jadi Kepsek, Guru Penggerak Bawa Semangat Kolaborasi

Pendidikan Guru Penggerak, menurut Marsal, juga mengubah pola pikirnya selama ini.

Siswa SD Negeri 40 Korong Gadang sedang belajar di dalam kelas (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 40 Tahun 2021 memberikan kesempatan kepada para Guru Penggerak untuk menjadi kepala sekolah.

Ilmu dan metode pembelajaran baru yang diperoleh Guru Penggerak ketika menjalani masa pendidikan, diharapkan mengimbas kepada guru lainnya saat mereka diangkat sebagai kepala sekolah.

Hal inilah yang dilakukan Marsal Maret, Kepala SD Negeri 40 Korong Gadang, Sumatera Barat. Setelah lulus Guru Penggerak pada 2021, Dinas Pendidikan Kota Padang mengangkatnya sebagai Kepala SDN 40 Korong Gadang.

Marsal mengatakan, selama menjalani pendidikan selama sembilan bulan, dia memperoleh beragam pengetahuan baru. Pendidikan Guru Penggerak, menurut Marsal, juga mengubah pola pikirnya selama ini.

"Ternyata saya masih kecil dan pengetahuan saya sederhana sekali. Saya dapat pembelajaran berdiferensiasi, pendekatan emosional, sehingga hal-hal yang kita lakukan itu terukur," kata Marsal di sela-sela Presstour Kemdikbudristek di Kota Padang beberapa waktu lalu.

"Kami juga fokus pembelajaran yang menarik agar anak mampu menyerap apa yang kami sampaikan," sambung dia.

Menurut Marsal, yang membedakan Guru Penggerak dengan non-Guru Penggerak ialah ketika menempatkan peserta didik di dalam kelas, dengan mengenali mereka berdasarkan karakter, minat, dan bakat. Pendekatan yang dilakukan juga tidak seragam, mulai dari audio, visual, maupun kinestetik. Karena itu, dia terus mendorong guru-guru di SDN 40 Korong Gadang untuk mengikuti program Guru Penggerak.

"Alhamdulillah pada angkatan 11 dari SDN 40 Korong Gadang ada empat orang ikut," ucap dia.

Marsal menambahkan bahwa dirinya juga membawa semangat kolaborasi ketika memimpin SDN 40 Korong Gadang. Dia mengajak para guru saling mengisi, baik saat menyusun pembelajaran di dalam kelas maupun kegiatan luar kelas.

"Contohnya hiasan dinding yang ada di sekolah ini. Saya punya misi untuk mengubah sekolah ini menjadi sekolah seribu pesan dengan melibatkan guru dan siswa," tutup dia.

KEYWORD :

Guru Penggerak SD Negeri 40 Korong Gadang Kota Padang Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :