Sabtu, 04/05/2024 12:49 WIB

Dukung Palestina, Pemain Kriket Australia Usman Khawaja Lawan Keputusan ICC

Dukung Palestina, Pemain Kriket Australia Usman Khawaja Lawan Keputusan ICC

Dukung Palestina, Pemain Kriket Australia Usman Khawaja Lawan Keputusan ICC (FOTO: REUTERS)

JAKARTA - Pemain kriket Australia Usman Khawaja telah berjanji untuk “melawan” keputusan badan pengelola olahraga tersebut yang menurutnya telah menghentikannya untuk menampilkan pesan-pesan yang mendukung “mereka yang tidak memiliki suara”.

Dalam sebuah video emosional yang diposting di media sosialnya, Usman Khawaja mengklarifikasi bahwa pesannya “tidak bersifat politis” dan bahwa “masalah yang lebih besar” adalah orang-orang menegurnya untuk mencaci-maki pendiriannya.

Pemukul pembuka terlihat mengenakan sepatu kriket dengan tulisan “semua kehidupan adalah sama” dan “kebebasan adalah hak asasi manusia” dengan warna bendera Palestina selama sesi latihan Australia sebelum seri Tes melawan Pakistan.

Peraturan Dewan Kriket Internasional (ICC) tidak mengizinkan pemain untuk menampilkan kata-kata atau logo “tidak patuh” pada pakaian atau perlengkapan yang dikenakan selama pertandingan internasional.

Artinya, pemukul tidak akan bisa memakai sepatu bot tersebut pada pertandingan Tes pertama Australia melawan Pakistan, mulai Kamis, 14 Desember 2023.

“Saya akan menghormati pandangan dan keputusan mereka, tapi saya akan melawannya dan berusaha mendapatkan persetujuan,” kata Usman Khawaja.

“Saya hanya membela mereka yang tidak mempunyai suara.”

"Saya membayangkan kedua anak perempuan saya – bagaimana jika itu adalah mereka," Usman Khawaja mengatakan dia berbicara atas nama ribuan anak yang dibunuh [di Gaza] “tanpa dampak atau penyesalan apa pun” dan bahwa pesannya tidak bersifat “politis” seperti yang dilihat oleh ICC.

di Gaza sejak perang dimulai pada bulan Oktober, menurut pejabat pemerintah dan kesehatan di jalur yang terkepung.

“Ini dekat di hati saya,” ujarnya dalam video dengan suara bergetar.

“Ketika saya melihat ribuan anak meninggal tanpa dampak atau penyesalan apa pun, saya membayangkan kedua putri saya – bagaimana jika ini adalah mereka?”

Usman Khawaja memiliki dua anak perempuan, Aisha dan Ayla, dengan istrinya kelahiran Australia, Rachel, yang dinikahinya pada tahun 2018.

“Tidak ada yang memilih di mana mereka dilahirkan, dan kemudian saya melihat dunia mengabaikan mereka, hati saya tidak tahan,” lanjutnya dalam video tersebut.

Pria berusia 36 tahun, lahir di ibu kota Pakistan, Islamabad, sebelum pindah ke Australia saat masih kecil. Ia kerap bercerita tentang pengalamannya dan permasalahan yang dihadapinya selama berada di sirkuit kriket Australia.

“Saya sudah merasa hidup saya tidak setara dengan orang lain ketika saya tumbuh dewasa,” ujarnya.

“Tetapi untungnya bagi saya, saya belum pernah hidup di dunia di mana tidak adanya kesenjangan adalah hidup atau mati.”

Usman Khawaja mempertanyakan reaksi balik
dirinya yang telah mewakili Australia dalam 115 pertandingan internasional dalam 12 tahun karirnya, mengatakan dia ingin bertanya kepada orang-orang yang tersinggung dengan tindakan solidaritasnya, “Bukankah kebebasan untuk semua orang?”

“Bagi saya, secara pribadi, tidak peduli apa ras, agama, atau budaya Anda – tetapi jika saya mengatakan `semua kehidupan adalah setara` telah menyinggung banyak orang – orang-orang ini jelas tidak percaya dengan apa yang saya tulis .”

“Apa yang saya tulis tidak bersifat politis, saya tidak memihak. Kehidupan manusia bagiku setara. Satu kehidupan Muslim sama dengan satu kehidupan Yahudi, sama dengan satu kehidupan Hindu, dan seterusnya.”

Terlepas dari pengakuan Usman Khawaja tentang banyaknya orang yang meneleponnya untuk memarahinya, dia mendapat dukungan dari Menteri Olahraga Australia Anika Wells.

Usman Khawaja adalah atlet hebat dan warga Australia yang hebat,” kata Anika Wells kepada media lokal.

“Dia seharusnya mempunyai hak untuk berbicara mengenai hal-hal yang penting baginya. Dia melakukannya dengan cara yang damai dan penuh hormat.”

Sementara itu, kapten Australia Pat Cummins mengatakan dia berbicara dengan Usman Khawaja dan menegaskan bahwa pemukul tidak akan menampilkan pesan-pesan tersebut meskipun pesan tersebut “tidak memecah belah.”

“Pada posisinya, dia memiliki ‘semua kehidupan adalah setara’. Saya pikir itu tidak terlalu memecah belah. Saya rasa tidak ada orang yang bisa mengeluh terlalu banyak tentang hal itu,” katanya kepada wartawan dalam konferensi pers pra-pertandingan.

“Saya tidak berpikir niatnya untuk membuat keributan yang terlalu besar, tapi kami mendukungnya,” kata Cummins.

‘Pesan politik membuat badan pengawas gelisah’

Para ahli percaya bahwa reaksi ICC terhadap permohonan Usman Khawaja akan menjadi preseden dalam penanganan masalah tersebut oleh badan olahraga.

“Saya pikir banyak pihak di dunia olahraga akan melihat bagaimana masalah ini diselesaikan,” Ian Bayley, dosen senior media dan hubungan masyarakat di Universitas Staffordshire, mengatakan kepada Al Jazeera.

Ketika ditanya apakah Usman Khawaja telah mendekati mereka untuk meminta persetujuan memakai pesan tersebut di sepatu botnya, ICC mengatakan mereka “tidak berkomentar, tidak terjadi apa-apa.”

“Kode etik ICC mengenai masalah ini cukup eksplisit,” kata Bayley.

“Tetapi argumen tandingan Usman Khawaja bahwa pesan-pesannya tidak bersifat politis tetapi sebenarnya bersifat kemanusiaan adalah argumen yang menarik.

Menurut akademisi tersebut, olahraga “selalu menawarkan platform yang kuat dan kuat untuk menyampaikan pesan politik.”

“Tetapi faktanya, benar atau salah, pesan politik cenderung membuat badan pengawas gelisah.

“Mengesampingkan argumen mengenai kebebasan berpendapat, tidak mengherankan jika banyak [badan olahraga] mempunyai peraturan yang secara efektif membatasi, atau bahkan melarang, kompetitor menampilkan pesan-pesan politik.”

Mantan pemain kriket Inggris Moeen Ali juga menerima peringatan ICC karena menunjukkan dukungannya terhadap Palestina.

Di tengah perang tahun 2014 di Gaza, Ali diminta berhenti memakai gelang yang menunjukkan dukungan untuk Gaza saat pertandingan Uji Coba melawan India.

Baru-baru ini, penjaga gawang Pakistan Muhammad Rizwan mendedikasikan kemenangan negaranya melawan Sri Lanka di Piala Dunia Kriket di India untuk masyarakat Gaza tetapi tidak menghadapi sanksi apa pun karena komentar tersebut dibuat setelah pertandingan.

`Standar ganda`

Penggemar dan pakar kriket mengecam keputusan ICC dan membuat perbandingan ketika olahraga tersebut menunjukkan dukungan terhadap tujuan lain di masa lalu.

Penulis kriket Ayaz Memon mengatakan Usman Khawaja “berani dan benar”.

“Apa yang tidak pantas dari alasan yang dia dukung? ICC, yang (dengan benar) mendukung Black Lives Matter, bersikap bermuka dua dalam hal ini,” tulisnya dalam sebuah postingan di X. (*)

 

 

KEYWORD :

Palestina kriket Australia Usman Khawaja ICC




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :