Sabtu, 18/05/2024 10:57 WIB

Israel Akui Derita Kerugian Terbesar sejak Oktober usai Menggempur Gaza

Israel Akui Derita Kerugian Terbesar sejak Oktober usai Menggempur Gaza

Tentara Israel beroperasi di Jalur Gaza dalam gambar selebaran yang dirilis pada 14 Desember 2023 via Reuters

KAIRO - Israel mengumumkan kekalahan tempur terburuknya dalam lebih dari sebulan pada hari Rabu,, 13 Desember 2023 setelah penyergapan di reruntuhan Gaza. Israel juga menghadapi isolasi diplomatik yang semakin besar ketika kematian warga sipil meningkat dan bencana kemanusiaan memburuk di wilayah tersebut. wilayah Palestina.

Pertempuran sengit antara militan Hamas dan tentara Israel sedang berlangsung di Gaza utara dan selatan, sehari setelah PBB menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera dan Presiden AS Joe Biden mengatakan pemboman “tanpa pandang bulu” yang dilakukan Israel terhadap warga sipil merugikan dukungan internasional.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan militer akan terus berjuang meskipun ada tekanan internasional untuk gencatan senjata.

“Kami terus melanjutkannya hingga akhir, hingga kemenangan, hingga Hamas dimusnahkan,” katanya kepada tentara di Gaza melalui radio. "Saya mengatakan ini di tengah penderitaan yang luar biasa, namun juga di tengah tekanan internasional. Tidak ada yang bisa menghentikan kami."

Israel melaporkan 10 tentaranya tewas dalam 24 jam terakhir, termasuk seorang kolonel penuh yang memimpin pangkalan depan dan seorang letnan kolonel yang memimpin resimen. Ini merupakan kerugian satu hari terburuk sejak 15 tentara tewas pada 31 Oktober.

Sebagian besar kematian terjadi di distrik Shejaia di Kota Gaza di utara, di mana pasukan disergap saat mencoba menyelamatkan sekelompok tentara lain yang menyerang pejuang Hamas di sebuah gedung, kata militer.

Hamas mengatakan kejadian tersebut menunjukkan bahwa pasukan Israel tidak akan pernah bisa menaklukkan Gaza: "Semakin lama Anda tinggal di sana, semakin besar pula kerugian dan kematian Anda, dan Anda akan keluar dari sana dengan membawa kekecewaan dan kerugian, Insya Allah."

Dalam pidatonya yang disiarkan televisi, Ketua Hamas Ismail Haniyeh mengatakan rencana masa depan di Gaza tanpa Hamas adalah sebuah "khayalan".

GEDUNG PUTIH TUNDA PENJUALAN SENJATA
Israel mendapat simpati global ketika memulai kampanye untuk memusnahkan Hamas, kelompok yang pejuangnya menyerbu pagar perbatasan dari Gaza pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 warga Israel, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 240 orang.

Namun sejak itu, Israel telah mengepung daerah kantong Palestina dan menyia-nyiakan sebagian besar wilayah tersebut. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan pada hari Rabu bahwa setidaknya 18.608 orang telah tewas dan 50.594 lainnya terluka dalam serangan Israel di Gaza. Ribuan lainnya dikhawatirkan hilang di reruntuhan atau di luar jangkauan ambulans.

Setidaknya 288 pengungsi di tempat penampungan yang dikelola oleh badan pengungsi Palestina PBB telah terbunuh di Gaza sejak 7 Oktober, kata badan tersebut dalam sebuah posting di X pada hari Rabu.

Pemerintahan Biden menunda penjualan lebih dari 20.000 senapan buatan AS ke Israel karena kekhawatiran akan meningkatnya serangan pemukim Israel terhadap warga Palestina di Tepi Barat, kata dua sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Pesawat-pesawat tempur kembali mengebom sepanjang Gaza dan para pejabat bantuan mengatakan datangnya hujan musim dingin memperburuk kondisi ratusan ribu orang yang tidur di tenda-tenda darurat. Sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza kehilangan tempat tinggal.

Sejak gencatan senjata selama seminggu gagal pada awal Desember, pasukan Israel telah memperluas kampanye darat mereka dari Jalur Gaza utara ke selatan dengan menyerbu kota utama Khan Younis di selatan.

Sementara itu, pertempuran semakin meningkat di tengah reruntuhan wilayah utara, tempat Israel sebelumnya berada mengatakan sebagian besar tujuan militernya telah tercapai.

Bekas serangan darat Israel dapat dilihat di sebuah pemakaman di lingkungan Al-Faluja di Jabalia, Gaza utara. Tank-tank bergemuruh di tanah, menghancurkan dan menghamburkan batu nisan serta memisahkan beberapa mayat.

Di selatan, pasukan Israel maju dalam beberapa hari terakhir ke pusat Khan Younis, dan pada hari Rabu menggunakan buldoser untuk menghancurkan jalan dekat rumah pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Al-Sinwar, kata warga Abu Abdallah kepada Reuters.

Di Rafah tengah di Jalur Gaza selatan, pejabat kesehatan Palestina mengatakan 13 orang tewas dalam serangan Israel yang menghantam dua rumah.

Rumah sakit di wilayah utara sebagian besar telah berhenti berfungsi. Di selatan, mereka diserbu oleh orang mati dan terluka, dibawa oleh selusin orang sepanjang siang dan malam.

ZONA AMAN YANG DITETAPKAN `TIDAK AMAN`
Pada konferensi pers militer Israel, juru bicara Keren Hajioff mengatakan militer mengambil beberapa langkah untuk mencegah jatuhnya korban sipil.

Dia mengatakan langkah-langkah tersebut termasuk mendorong warga sipil untuk “sementara” keluar dari garis tembak, yang kini meluas di sebagian besar Gaza. Namun juru bicara UNICEF mengatakan kepada CBS News pada hari Rabu bahwa apa yang disebut sebagai zona aman di Gaza “sama sekali tidak aman”.

Sebelumnya pada hari Rabu, sebuah pernyataan militer Israel mengatakan bahwa sejak mereka menetapkan zona kemanusiaan bagi warga sipil di Jalur Gaza pada 18 Oktober, 116 roket telah ditembakkan dari sana ke arah Israel, dengan 38 di antaranya jatuh di dalam Gaza.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Kejahatan Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :