Minggu, 19/05/2024 15:19 WIB

Komisi III Ingatkan Nawawi Pomolango: Banyak PR Membenahi Internal KPK

Presiden Jokowi resmi melantik Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara, di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (27/11/2023).

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni

 

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Jokowi resmi melantik Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara, di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (27/11/2023). Adapun penunjukan itu ditandai dengan penandatanganan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116/P tanggal 24 November 2023.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menilai pilihan Presiden Jokowi tepat dalam mengangkat Nawawi. Namun Sahroni juga turut mewanti-wanti Nawawi agar tetap peka terhadap permasalahan di internal KPK yang menurutnua juga harus segera dibenahi.

“Saya kira pilihan Pak Presiden untuk melantik Pak Nawawi sudah sangat tepat. Karena sebagai mitra kerja KPK, saya sangat mengenal baik karakter beliau. Pak Nawawi orang yang memiliki integritas tinggi dan punya spirit pemberantasan korupsi yang tidak main-main,” kata Sahroni, kepada wartawan, Jakarta, Senin (27/11).

“Namun meski begitu, dengan posisi yang lebih tinggi saat ini, saya harap Pak Nawawi tidak jadi luput dan tetap peka dalam melihat serta membenahi problem di internal KPK,” lanjut Sahroni.

Lebih lanjut, Sahroni pun turut menyoroti terkait latar belakang karir Nawawi. Menurutnya, panjangnya pengalaman Nawawi sebagai hakim di pengadilan, dapat  menjadi poin positif dalam hal pemberantasan korupsi.

“Tapi Pak Nawawi ini punya karier panjang sebagai hakim di pengadilan. Jadi saya rasa tidak usah diragukan lagi kalau soal profesionalitas, integritas, kearifan, dan ketegasannya. KPK di bawah kepemimpinan Pak Nawawi pastinya akan semakin rapih secara struktur, semakin bijak dalam menggunakan kewenangan, dan semakin gaspol dalam pemberantasan-pencegahan,” tambahnya.

Terakhir, Sahroni pun turut menyampaikan harapannya terkait Nawawi sebagai pengganti tetap Firli Bahuri. Sebab diketahui, saat ini Nawawi dilantik sebagai Ketua Sementara KPK.

“Bahkan saya berharap Pak Nawawi bisa jadi Ketua Tetap KPK nantinya, bukan hanya sementara,” demikian Sahroni.

KEYWORD :

Ahmad Sahroni Komisi III DPR Ketua KPK Nawawi Pomolango Membenahi Internal KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :