Minggu, 12/05/2024 16:22 WIB

Dosen Uhamka Beri Kuliah Tamu di Kampus Bulgaria

Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka), Emaridial Ulza, menjadi pengisi dalam kegiatan kuliah tamu di Sofia University, Bulgaria

Dosen Uhamka Emaridial Ulza mengisi kuliah tamu di Sofia University (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka), Emaridial Ulza, menjadi pengisi dalam kegiatan kuliah tamu di Sofia University, Bulgaria pada Jumat (24/11) kemarin.

Kuliah tamu yang diselenggarakan di Sofia University dilaksanakan di Center for Eastern Languages and Cultures, yang dihadiri oleh mahasiswa dari Program Studi South, East, and Southeast Asian Studies.

Emaridial yang juga menjabat sebagai Sekretaris Uhamka serta Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah ini menyampaikan lanskap budaya, politik, dan pendidikan di Indonesia.

"Bahasa Indonesia baru saja diakui oleh Unesco sebagai salah satu dari sepuluh bahasa resmi di dunia, sebuah prestasi yang membanggakan. Hal ini menandakan bahasa Indonesia mempunyai peran penting sebagai penghubung ribuan etnik dan menjadi penyatu kebudayaan antar bangsa serta siap untuk mendunia," kata dia dalam siaran pers pada Sabtu (25/11).

Dalam kesempatan tersebut, Emaridial juga mengajak mahasiswa Sofia University untuk berkuliah di Indonesia. Dia menyebut Indonesia menawarkan pengalaman pendidikan yang berharga dengan berbagai program studi yang relevan, serta kesempatan untuk merasakan langsung kehidupan dan budaya Indonesia.

"Untuk Muhammadiyah, kami memiliki 171 universitas yang tersebar di seluruh Indonesia dan satu di Malaysia. Bukan hanya universitas, kami memiliki sekolah, rumah sakit, dan panti asuhan. Anda bisa memilih di mana akan belajar tentang Asian Studies dengan pengalaman budaya di Indonesia secara langsung, dan memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan negara lain," ajak dia.

Kuliah tamu ini tidak hanya memperkuat hubungan antara kedua universitas, namun juga memberikan dorongan positif untuk pertukaran budaya dan akademik yang lebih intensif antara kedua negara.

KEYWORD :

Kuliah Tamu Sofia University Bulgaria Uhamka Emaridial Ulza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :