Senin, 13/05/2024 15:06 WIB

Presiden Palang Merah Bertemu dengan Pemimpin Hamas di Qatar

Presiden Palang Merah Bertemu dengan Pemimpin Hamas di Qatar

Presiden Komite Internasional Palang Merah ICRC, Mirjana Spoljaric Egger menghadiri pengarahan di Jenewa, Swiss, 14 Desember 2022. Foto: Reuters

JENEWA - Presiden Palang Merah Internasional melakukan perjalanan ke Qatar pada Senin untuk bertemu dengan pemimpin kelompok Palestina Hamas guna "memajukan masalah kemanusiaan" terkait konflik kelompok tersebut dengan Israel, kata badan yang bermarkas di Jenewa itu dalam sebuah pernyataan.

Presiden Mirjana Spoljaric bertemu dengan Ismail Haniyeh, kata Komite Palang Merah Internasional (ICRC), dan juga bertemu secara terpisah dengan pihak berwenang Qatar yang bertindak sebagai mediator dalam konflik tersebut.

ICRC, perantara netral yang memberikan bantuan ke Gaza dan membantu mengawal sandera dan pasien dari wilayah tersebut, mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan bagian dari diskusi dengan semua pihak yang berkonflik untuk meningkatkan penghormatan terhadap hukum kemanusiaan internasional.

Ia menambahkan bahwa hal itu bukan bagian dari perundingan yang bertujuan untuk membebaskan lebih dari 200 sandera yang ditangkap oleh Hamas selama serangan mematikan mereka ke Israel pada 7 Oktober.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Mediasi Qatar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :